Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Desain Taman Dalam Rumah dengan Beragam Tanaman

September 15, 2017Posted by Wulan PuspitasariDekorasi

Desain taman dalam rumah seperti apapun akan terlihat menarik asalkan anda tahu bagaimana menatanya secara tepat. Yang paling penting dari berkebun dalam rumah adalah memilih varietas tanaman yang pas. Tahu kapan tanaman yang akan dipelihara berbunga dan berbuah. Beberapa jenis tanaman punya usia hidup sendiri. Ada yang berbunga pada bulan-bulan tertentu. Ada pula yang meranggas di musim-musim tertentu. Kebanyakan orang, jika mereka ingin membuat kebun di dalam rumah, menghindari tumbuhan yang terlalu besar.

desain taman rumah minimalis modern

Jenis pohon-pohonan memang menarik, namun kurang pas untuk interior rumah mengingat jenis ini bisa tumbuh sangat besar. Jika langit-langit rumah anda cukup tinggi, maka itu mungkin tidak masalah. Namun jika bagian tersebut sangat rendah, belum apa-apa pohon sudah menjangkau dan merusaknya. Sebaiknya pilih tanaman obat yang tumbuhnya tidak terlalu tinggi namun daunnya terlihat indah, seperti misalnya selada, bayam, lobak, pak choi, dll. Sayuran hijau juga bisa menjadi alternatif. Ini memiliki manfaat ganda. Saat sedang tumbuh, tanaman-tanaman ini bisa mempercantik interior rumah. Dan setelah dewasa, anda bisa memetiknya untuk dijadikan bahan makanan.

Desain Taman Dalam Rumah 2

Desain Taman Dalam Rumah 3

Desain Taman Dalam Rumah 4

Desain Taman Dalam Rumah 5

Dengan begitu, anda selalu mendapatkan makanan sehat karena bahannya anda petik sendiri. Ada beragam teknik berkebun. Yang belakangan sedang sangat digemari adalah teknik hidroponik. Teknik ini tidak memakai tanah. Sebagai gantinya, teknik ini melibatkan air. Air merupakan faktor penting untuk pertumbuhan tanaman. Tanpa air, tumbuhan akan layu dan mati. Namun yang dipergunakan bukan air tok, melainkan sudah dicampur dengan zat-zat khusus yang bisa merangsang pertumbuhan tanaman. Selada merupakan jenis tanaman yang sangat mudah dipelihara. Ada beberapa varietas dari tanaman ini dan semuanya memiliki bentuk yang berbeda-beda.

desain rumah dengan taman di dalam

Bayam adalah tumbuhan kaya zat besi. Daunnya pun terlihat sangat menarik jika sedang mekar. Warna hijau yang pekat sangat baik untuk membuat interior menjadi lebih nyaman dan menenangkan. Jika sudah cukup umur, tinggal langsung dipetik dan dimasak menjadi sup dan berbagai makanan lain. Wortel kecil juga memiliki daun yang unik. Jenis tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak tempat untuk tumbuh. Cukup sediakan beberapa pot kecil untuk meletakkan bibit. Mereka akan tumbuh dengan cepat jika mendapatkan air dan penyinaran yang cukup. Tanaman ini bisa dipetik pada umur ke 6 hingga 8 minggu, lumayan cepat kan?

Desain Taman Dalam Rumah 6

Desain Taman Dalam Rumah 7

Desain Taman Dalam Rumah 8

Desain Taman Dalam Rumah

Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat taman di dalam rumah? Yang pertama tentu saja medium. Tentukan apakah anda ingin memakai pot kecil, besar, atau media tanam lainnya. Jangan terlalu tinggi, cukup agar akar bisa mencengkeram ke dalam tanah. Untuk mengisi kontainer, anda bisa memilih tanah, serat kayu, kerikil, atau yang lainnya. Jika hendak menyiram, sebaiknya pindahkan pot ke luar rumah agar air tidak mengotori lantai. Alternatif lainnya adalah meletakkan plastik atau bahan anti air di bawah pot sebelum menyiram, namun cara ini terasa kurang praktis. Pastikan kecukupan nutrisi untuk semua tanaman anda.

Foto dan Gambar Desain Taman Dalam Rumah dengan Beragam Tanaman

desain taman depan rumah, desain taman rumah minimalis, desain taman rumah hook,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *