Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Beberapa Kelebihan Desain Rumah Kayu

January 7, 2015Posted by Wulan PuspitasariDesain Rumah

Jauh sebelum material modern dikenal, seperti baja ringan dan yang lainnya, kayu telah terlebih dulu dipakai untuk pembangunan. Ada banyak alasan mengapa kayu menjadi pilihan utama. Pertama, kayu merupakan sumber daya yang bisa diperbaharui. Meskipun butuh waktu bagi pohon untuk tumbuh dari bibit sampai bisa diesktrak menjadi kayu, setidaknya material ini punya kemampuan untuk tumbuh. Beda dengan logam yang jika terus dipakai, perlahan-lahan akan habis.

desain rumah kayu mungil

Kayu merupakan bahan tradisional yang telah ada sejak zaman nenek-moyang kita. Orang dulu hampir semuanya memanfaatkan kayu untuk konstruksi rumah, bahkan sampai ke isi-isinya. Meja, lemari, rak, masih banyak yang terbuat dari kayu meskipun pilihan material semakin banyak sekarang ini. Dengan sejarah yang begitu panjang, tak heran jika kayu masih sangat dicintai hingga sekarang. Kesan alami merupakan salah satu kelebihannya. Jika anda ingin menciptakan kesan alami dan segar di dalam rumah, maka kayu perlu dipergunakan sebagai elemen interior.

desain rumah kayu

desain rumah kayu 2

desain rumah kayu 3

desain rumah kayu 4

Material ini menyerap panas dengan sangat baik. Khusus untuk daerah tropis seperti Indonesia, kayu sangat baik untuk menangkal panas di siang hari. Konstruksi dari kayu bisa membuat suasana dalam rumah tetap “adem” meskipun matahari bersinar terik di luar sana. Kayu adalah jenis material yang mudah dibentuk. Itu memberikan keuntungan bukan hanya kepada pembeli rumah, namun juga pada kontraktor dan profesi lain yang setiap hari bergumul dengan material ini. Beberapa logam terlalu kuat, sehingga harus dilelehkan terlebih dahulu. Memang las memungkinkan kita memotong material ini, namun dibandingkan kayu, masih lebih fleksibel kayu.

desain rumah kayu 2 lantai

Keuntungan lainnya adalah ringan dan hemat biaya. Jika anda terbentur biaya terbatas untuk pembangunan rumah, ada beberapa jenis kayu yang bisa menjadi pilihan. Semuanya memiliki harga dan kualitas berbeda. Jika anda perlu konstruksi yang kuat, silakan pilih kayu dengan kualitas terbaik. Jika dana terbatas, pilih yang harganya lebih murah. Dengan semua kelebihan ini, kayu sering dibuat menjadi mebel. Mebel kayu sangatlah kuat dan tahan lama, bisa bertahan hingga puluhan tahun jika dirawat dengan baik.

desain rumah kayu 5

desain rumah kayu 6

desain rumah kayu 7

desain rumah kayu 8

desain rumah kayu ulin

Dari segi estetis, kayu adalah jawaranya. Jika bukan karena itu, peminat material ini mungkin akan terus berkurang dari waktu ke waktu. Kayu jelas memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh material lain. Seratnya memancarkan keindahan tiada tara. Saat kayu dibentuk menjadi ukir-ukiran dan dipoles dengan cat, kilaunya akan semakin terpancar. Kayu tersedia dalam beragam warna dan tekstur. Ada yang cukup lembut, ada pula yang sangat keras. Warnanya ada yang terang, ada pula yang gelap. Desain rumah dari kayu sangat ramah lingkungan. Wajar saja, kayu termasuk material organik. Ia akan perlahan lapuk dan kembali ke tanah, sama sekali tidak mencemari lingkungan. Setelah mengetahui semua manfaat ini, apakah anda tertarik untuk membuat rumah dari kayu?

Foto dan Gambar Beberapa Kelebihan Desain Rumah Kayu

desain rumah sederhana, desain rumah kayu klasik,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *