Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Berbagai Macam Desain Atap Rumah Minimalis

January 24, 2015Posted by Wulan PuspitasariDesain Rumah

Desain atap rumah minimalis itu seperti apa? Jika dibandingkan dengan desain atap rumah tradisional, tidak nampak banyak perbedaan, namun memang desain atap modern memiliki lebih beragam gaya. Atap bisa dibuat dari bermacam-macam material, seperti serat fiber, tanah liat, asbes, kaca, keramik, dll. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Atap merupakan elemen vital dari sebuah rumah. Bagian tersebut bertindak lebih dari sekeder pelindung bagi rumah, terutama saat cuaca tidak bersahabat.

Gambar desain atap rumah minimalis

Atap juga merupakan “pakaian” untuk rumah, salah satu bagian yang paling sering orang perhatikan dari luar. Bentuk standar atap dari dulu selalu kerucut dengan bagian lancip di bagian atasnya. Bentuk tersebut tidak asal buat, namun penuh pertimbangan. Dengan bentuk mengerucut seperti itu, air tidak tergenang di atas atap karena pada prinsipnya air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat rendah. Namun desain kontemporer lebih ekspresif soal konstruksi atap. Ada rumah yang atapnya datar seperti atap sebuah hotel. Pun pada atap datar seperti ini, prinsip pergerakan air tetap diperhatikan sehingga air tidak menggenang saat hujan turun.

Desain Atap Rumah Minimalis 2

Desain Atap Rumah Minimalis 3

Desain Atap Rumah Minimalis 4

Desain Atap Rumah Minimalis 5

Bentuk atap saat ini sangat bervariasi, contohnya bentuk perisai, pelana, dan sandar. Semua bentuk unik ini bukan hanya dimaksudkan sebagai hiasan semata, namun semuanya sudah mengaplikasikan prinsip yang membantu atap rumah agar tidak cepat rusak. Keindahan atap bisa dilihat dari dalam dan luar. Dari luar, siapapun bisa menyaksikannya. Tentukan material apa yang akan anda pakai untuk atap. Genteng tanah liat masih menjadi pilihan favorit banyak orang. Meskipun konstruksi atap metal semakin populer, namun itu tidak menyurutkan minat masyarakat terhadap atap tanah liat.

Model desain atap rumah minimalis

Genteng terakota punya banyak kelebihan, sehingga peminatnya tidak pernah berkurang hingga sekarang. Jenis genteng ini tidak menyerap hawa panas, sehingga interior selalu terasa dingin pada malam hari. Selain itu jenis material ini juga tidak terlalu berat, sehingga tidak terlalu membahayakan jika tiba-tiba genteng berjatuhan dan menimpa kita. Genteng keramik juga berbahan dasar tanah liat, namun bagian luarnya lebih mengkilap karena mengandung finishing glazur. Yang satu ini memantulkan panas, sama baiknya dengan terakota. Genteng beton juga ada, seperti yang sering kita lihat pada hotel dan bangunan tinggi lain.

Desain Atap Rumah Minimalis 6

Desain Atap Rumah Minimalis 7

Desain Atap Rumah Minimalis 8

Desain Atap Rumah Minimalis

Beton kurang baik dalam memantulkan sinar matahari, membuatnya kurang ideal untuk atap rumah. Sementara itu, genteng metal belakangan semakin populer karena ringan, namun bisa ringkih jika terlalu tipis. Masih ada banyak material lain yang sering dipakai untuk membuat atap rumah. Kembali ke soal desain, selain desain standar, desain pelana juga terlihat sangat menarik, terdiri atas 2 sisi yang bertemu pada garis yang disebut sekat genteng. Desain perisai juga unik, sering dipakai untuk bangunan-bangunan memanjang. Dari luar terlihat sederhana, namun keefektifannya dalam menangkal air hujan sama baiknya dengan tipe atap lainnya.

Foto dan Gambar Berbagai Macam Desain Atap Rumah Minimalis

desain atap rumah minimalis 1 lantai, bahan atap rumah minimalis, desain atap rumah minimalis 2 lantai,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *