Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Desain Rumah Jepang dengan Nuansa Tradisional yang Khas

November 22, 2017Posted by Wulan PuspitasariDesain Rumah

Desain Rumah Jepang sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Meski sekarang ada begitu banyak gaya rumah yang dapat dijadikan inspirasi hunian, namun rumah gaya Jepang yang mendekatkan konsep kepada  unsur alam dan  hunian tropis jadi banyak incaran. Rumah Jepang yang sering disebut Machiya ini mempunyai gaya tradisional yang sepertinya menarik untuk dibahas. Rumah tradisional Jepang kebanyakan menggunakan material kayu. Meski sekarang jumlahnya terhitung lebih sedikit, masih banyak juga Machiya dibeberapa tempat seperti di daerah Kyoto yang sampai sekarang masih berdiri.

Desain Rumah Kayu Ala Jepang

Desain rumah Jepang modern

Di Jepang, dewasa ini sudah mulai berkembang rumah tradisional yang bertansformasi ke gaya modern. Desain rumah dengan gaya kontemporer ala Jepang memang sering jadi favorit, sebab material kayu yang banyak menghiasi rumah memberi kesan natural. Menilik lebih jauh mengenai desain rumah Jepang, sepertinya kita perlu mengenal beberapa daerah-daerah yang masih terjaga arsitekturnya hingga kini, seperti Washitsu. Washitsu adalah ruang dengan alas tatami yang ada di bangunan tradisional Jepang.

Ukuran ruangan juga dapat dilihat melalui jumlah tatami yang dipakai. Tatami, jika di Indonesia, sama seperti tikar yang dibuat secara tradisional dan home made. Tatami dibuat dengan menggunakan bahan baku jerami yang telah ditenun, akan tetapi sekarang ini, sudah banyak Tatami yang dibuat dari Styrofoam. Rumah desain Jepang memang bisa dikatakan unik, sebab setiap ruang dapat dijadikan ruang tamu, ruang belajar, ruang makan, sampai kamar tidur. Itulah mengapa barang-barang yang dipakai lebih kebanyakan portable dan sering disimpan dalam Oshiire (ruang yang digunakan untuktempat penyimpanan).

Contoh Model dan Desain Rumah Minimalis Ala Jepang

Apa yang menjadi karakter dari rumah Jepang?

Rumah Jepang menpunyai ciri khas dimana ada tempat saat orang akan melepaskan sepatu sebelum memasuki area lain yang ada didalam rumah. Saat mereka melepaskan sepatu, mereka akan melangkah ke lantai yang tempatnya lebih tinggi dari genkan. Selain genkan ada sebuah rak yang disebut Getabako. Getabako ini adalah tempat menyimpan sepatu, begitu pun dengan Sandal.  Setelah itu, bagaimanakah caranya agar bisa menghadirkan nuansa rumah jepang yang konon dapat menghilangkan stress? Berikut ini kami hadirkan langkah-langkahnya. Anda bisa menggunakan warna-warna membumi seperti cokelat, abu-abu, pink lembut, beige, putih, atau hijau lembut. Gunakan juga tikar dengan bahan bambu, Karpet Wol atau Lantai Kayu Parket, untuk memberikan nuansa kehangatan pada ruangan.

Desain Rumah Kayu Ala Jepang

desain interior rumah dengan gaya ala jepang

Selain itu, untuk Desain Rumah Jepang agar tampak lebih indah, Anda juga bisa menggunakan kain-kain yang memiliki tekstur lembut serta sederhana, seperti wol, linen dan kain bercorak serta warna yang sederhana sebagai tirai seprai, selimut, jendela, dan taplak meja. Pilihlah furniture yang memiliki warna lembut untuk kursi bambu dan kursi kayu dengan bentuk yang lebih sederhana. Contohnya, seperti sofa kecil berwarna cokelat beige atau putih gading,

Foto dan Gambar Desain Rumah Jepang dengan Nuansa Tradisional yang Khas

gambar desain rumah jepang, rumah minimalis ala jepang, model rumah jepang, desain rumah jepang tradisional,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *