Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Membangun dengan Desain Rumah Tipe 36

July 28, 2015Posted by Wulan PuspitasariDesain Rumah

Diantara banyaknya tipe rumah yang ada di Indonesia, mungkin desain rumah tipe 36 adalah yang paling sederhana baik dari segi model ataupun desainnya. Bentuk rancangannya juga bisa dibilang sederhana yakni, 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 dapur dan 1 kamar mandi. Mengingat terbatasnya luas lahan, desain rumah minimalis dengan tipe 36 hanya dapat dimaksimalkan dengan menonjolkan fungsi ruangan. Itu sebabnya, dalam rumah dengan gaya tersebut hanya dapat dibangun ruang-ruang yang dirasa penting saja. Dengan cara tersebut kesan ‘sesak’ pada rumah tipe 36 ini bisa diminimalisir.

Bagaimana konsep desain rumah tipe 36 dari sisi renovasi?

Naiknya harga rumah hingga 25%/tahun membuat kebanyakan orang yang mempunyai penghasilan pas-pasan lebih condong memilih rumah dengan konsep minimalis tipe 36. Walaupu jumlah ruangnya terbatas, harga rumah ini sebenarnya masih bisa terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Hal ini juga mengingat kebutuhan kamar tidur yang mungkin bakal bertambah dengan seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga dalam rumah. Oleh sebab itu, diperlukan cara guna mengembangkan rumah berkonsep minimalis tipe 36 dengan menambahkan jumlah ruangan yang telah ada.

Desain Rumah Tipe 36 2

Desain Rumah Tipe 36 3

Desain Rumah Tipe 36 4

Desain Rumah Tipe 36 5

Bagaimana pengembangan desian rumah tipe 36?

Bila harga tanah dan rumah semakin meroket, tentu saja perlu perencanaan yang sangat matang untuk menambah kapasitas dari ruang dengan melakukan beberapa renovasi, dan tanpa harus banyak mengubah ruang-ruang yang sebelumnya telah ada. Dengan begitu budget yang dikeluarkan tak terlalu besar. Seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga, tentu saja jumlah kamar yang umumnya hanya 2, perlu ditambah sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Rumah minimalis tipe 36 pada umumnya berdiri diatas lahan kavling berukuran 6m x 12m atau 6m x 15m. Ukuran tersebut memang tak terlalu luas, akan tetapi masih bisa memungkinkan untuk ditambah beberapa ruang.

Desain Rumah Tipe 36 6

Desain Rumah Tipe 36 7

Desain Rumah Tipe 36 8

Desain Rumah Tipe 36

Desain rumah tipe 36 memang tak memungkinkan membangun beberapa ruang lagi walaupun memanfaatkan sisa lahan dibagian belakang. Dan cara satu-satunya adalah dengan mengembangkan desain dengan konsep 2 lantai. Untuk dibagian atas biasanya dibangun beberapa kamar tidur. Akan tetapi dalam mengembangkan rumah dengan tipe 36 menjadi 2 lantai, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut: dibutuhkan space di lantai 1 untuk penempatan tangga. Konstruksi dari kuda-kuda penutup bagian atap juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan penataan atau layout di bagian lantai yang baru. Dalam melakukan renovasi ini Anda juga butuh penyesuaian dari jumlah kolom rancang struktur, serta penambahan pondasi foot plate di bagian-bagian tertentu guna menahan beban berat bangunan yang ada diatasnya. Meskipun jumlah lantai ditambah, ada baiknya denah awal yang Anda rancang tidak dirubah, agar bisa lebih hemat biaya. Bagimana? Tertarik dengan desain rumah tipe ini? Silakan cari tahu informasi kontraktor di wilayah anda. Jangan lupa mempersiapkan dana yang cukup sebelum proyek dimulai.

Foto dan Gambar Membangun dengan Desain Rumah Tipe 36

desain rumah tipe 36 dengan 3 kamar tidur, renovasi rumah tipe 36, desain interior rumah type 36,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *