Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah

February 10, 2017Posted by hartonoDesain Rumah

Tren bekerja dari rumah saat ini semakin merebak. Seiring dengan banyaknya generasi muda yang memilih pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, seperti menjadi internet marketer, blogger, freelance programer/desainer ataupun pekerjaan telekomunikasi lainnya. Kondisi ini, menjadikan munculnya banyak home office, atau ruang kerja yang ada di rumah.

Pada kesempatan kali ini, rumahDIY akan membahas tips mendesain ruang kerja di rumah, agar anda merasa nyaman dalam bekerja, merasakan kenyamanan rumah, sekaligus tetap produktif dan semangant dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

Berikut ini merupakan 10 tips mendesain ruang kerja di rumah (home office), untuk kenyamanan dan produktifitas anda :

1. Pilih lokasi ruang kerja yang sesuai.

Satu hal yang pasti ketika anda memutuskan untuk bekerja di rumah. Maka anda pasti akan menghabiskan waktu yang cukup lama di ruang kerja anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi ruang kerja yang tepat. Pilih ruangan di rumah anda yang paling pas untuk dijadikan ruang kerja. Jangan sampai anda memilih ruang dimana ruangan itu merupakan ruang yang hampir selalu dilewati oleh anggota keluarga anda setiap menitnya. Hal itu akan mengganggu konsentrasi anda dalam bekerja.

ruang kerja di rumah dengan kesan modern dan mewah

Putuskan juga, bagaimana karakteristik anda dalam bekerja. Apakah anda lebih produktif di ruang yang sepi, tertutup, atau di ruangan terbuka. Apakah jenis pekerjaan anda terkadang memerlukan pertemuan dengan partner kerja atau klien yang datang ke rumah ? Jika iya, maka ruangan yang letaknya ada di depan dan memiliki pintu keluar rumah merupakan ruangan yang tepat. Jangan sampai produktifitas kerja anda terganggu karena anda salah memilih ruang kerja.

2. Hindari meletakkan barang-barang yang tidak berguna untuk proses kerja.

Jangan karena anda penggemar bola, kemudian anda meletakkan puluhan bola di ruang kerja anda, yang hanya akan memenuhi ruangan. Ingat, ini ruang kerja. Bukan kamar pribadi!

Jika anda ingin, pilih barang yang tidak hanya anda sukai, tapi juga harus memilik fungsi untuk menunjang pekerjaan. Misal, karena anda hobi bola dan pekerjaan anda membutuhkan proses tulis menulis atau coret-coret manual, belilah tempat pensil / pena yang berbentuk bola.

Apakah meletakkan barang yang sama sekali tidak ada hubungan dengan proses kerja benar-benar tidak diperbolehkan ?

Tentu saja boleh. Karena anda berada di rumah, dan cukup penting meletakkan barang yang membuat anda tetap merasa di rumah. Seperti meletakkan foto keluarga, patung karakter anime dan lain-lain. Tetapi jangan terlalu berlebihan, dan pastikan barang-barang tersebut tidak mengganggu proses kerja anda. Dan jangan pula, meletakkan barang-barang tersebut dengan mengorbankan barang yang sebenarnya anda butuhkan saat bekerja, karena alasan kurangnya tempat / space ruangan.

3. Investasikan uang untuk membeli kursi dan meja kerja.

Jangan terlalu pelit untuk urusan ini. Anda harus menginvestasikan uang anda untuk membeli kursi atau meja atau pasangan kursi-meja yang ergonomis. Bukan hanya bagus dilihat, tetapi juga harus nyaman, dan memiliki panduan desain yang ergonomis. Anda akan menghabiskan watu berjam-jam dengan kursi dan meja tersebut. Jangan sampai anda mengalami masalah otot atau pegal-pegal karena anda terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak benar.

ruang kerja dengan kursi dan meja ergonomis

4. Warnai tembok ruangan dengan warna yang anda suka.

Pilih warna yang menjadikan semangat kerja anda timbul. Sebagian besar orang akan memilih warna yang terang. Sebagian yang lain memilih warna yang “adem” dan alami. Cobalah untuk memikirkan, warna apa yang paling sesuai dengan anda dan akan membangkitkan mood kerja anda.

ruang kerja rumah minimalis nuansa putih

5. Berikan pemandangan yang menarik untuk anda.

Idealnya, pilihlah ruangan yang memiliki jendela. Sehingga anda bisa melihat luar rumah, melihat hal menarik ketika mata anda cukup lelah melihat komputer. lalu, bagaimana jika ruang kerja anda tidak memiliki jendela ? Anda bisa menggantungkan lukisan atau gambar yang menarik, atau posisikan meja kerja anda menghadap pintu.

ruang kerja di rumah dengan pemandangan luar ruangan

6. Atur peletakan barang secara vertikal maupun horizontal.

Kebanyakan ruang kerja rumah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Anda harus pintar dalam menata ruangan anda. Manfaatkan space ruang, baik secara horinzontal maupun vertikal. Apakah anda memerlukan tempat buku, atau tempat untuk menyimpan berkas ? Pilihlah tempat buku atau penyimpan berkas yang ditempel di dinding. Anda bisa meletakkannya di dinding bagian atas, sementara bagian bawahnya dapat anda manfaatkan untuk keperluan lain, menempatkan monitor komputer anda misalnya.

Desain ruang kerja di rumah dengan pemanfaatan ruang vertikal

7. Atur komputer dan peralatan kerja anda.

Aturlah peletakan komputer (dan alat tambahannya). Atur peletakan kabel, dan posisikan alat-alat tambahan agar anda tidak terlalu susah saat membutuhkannya.

Terkadang anda perlu melepas atau menghubungkan device tertentu dengan komputer saat bekerja. Pastikan, anda bisa melakukan itu tanpa harus menggeser-geser meja kerja, atau memindahkan banyak barang.

Kabel-kabel yang tidak diatur dan berserakan di atas meja juga bisa menggangu pekerjaan anda. Memilih peralatan wireless akan menjadikan meja kerja anda terlihat lebih bersih, dan memiliki space yang lebih lebar.

8. Atur pencahayaan ruang.

Pastikan anda mengatur pencahayaan ruang dengan baik. Selain untuk kenyamanan, hal ini juga sangat penting untuk kesehatan mata anda. Anda pasti tidak ingin bekerja di ruang yang terlalu gelap, sementara mata anda banyak terus melihat ke arah monitor yang memberikan cahay terang.

Posisikan juga monitor komputer, agar tidak ada pantulan cahaya matahari dari jendela, atau pantulan cahaya lampu yang terlalu tajam yang membuat anda kesulitan melihat layar monitor.

9. Taruhlah barang-barang yang memberikan anda inspirasi / ide.

Tip ini, berhubungan dengan poin nomor 2. Pajang foto keluarga anda, atau lukisan terbaik yang pernah anda hasilkan, atau hal-hal lain yang bisa memberikan ‘fungsi’, sebagai pembangkit ide/inspirasi dan semangat kerja anda.

10. Berikan ruang gerak untuk tubuh anda.

Sesempit apapun ruang kerja anda, jangan anda korbankan jatah ruang untuk tubuh anda. Jangan meletakkan barang terlalu dekat dengan posisi duduk anda. Pastikan anda bisa mengerak-gerakkan tangan atau kaki anda untuk meregangkan otot, tanpa terhalang oleh barang-barang di sekitar anda.

Atur ruang kerja anda sehingga anda dapat dengan leluasa meregangkan otot, dengan berjalan-jalan sebentar, merubah posisi duduk atau berpindah posisi saat bekerja.

Itulah beberapa tips dalam mendesain ruang kerja di rumah anda. Semoga bisa membantu anda dalam mendesain dan menata ruang kerja di rumah anda agar anda tetap produktif dan bekerja secara optimal.

Kata kunci pencarian :

Foto dan Gambar Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah

ruang kerja, meja kerja, kursi kerja,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *