Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Yang Perlu Anda Tahu tentang Desain Rumah Tropis

September 18, 2017Posted by Wulan PuspitasariDesain Rumah

Indonesia adalah salah satu dari beberapa negara di dunia yang wilayahnya berada di daerah tropis, itu sebabnya mengapa membangun rumah dengan desain tropis sangat cocok bagi keluarga yang hidup di Indonesia. Apa kegunaannya? Adalah untuk melindungi rumah dari iklim tropis, sebab daerah tropis membawa hawa panas dan membuat kita merasa tak nyaman. Selain itu, kebanyakan rumah-rumah yang terdapat di Indonesia masih belum di rancang khusus untuk menjadi rumah tropis, terbukti dari desain atau rancang bangun yang hanya menonjolkan kemewahan semata tanpa memperhatikan fungsionalitas dari rumah tersebut. Bila rumah yang Anda desain bukan khusus untuk rumah tropis, biasanya rumah akan terasa panas, terutama ketika siang hari. Untuk Anda yang ingin merenovasi atau mengubah rumah menjadi rumah tropis, Anda bisa ikuti beberapa tips bagaimana mendesain rumah tropis yang mudah dan cepat.

Desain Rumah Tropis 2

Desain Rumah Tropis 3

Desain Rumah Tropis 4

Desain Rumah Tropis 5

  • Perhatikan ruang ventilasi udara dan cahaya dalam rumah

Rumah tropis sebenarnya lebih banyak didesain dengan memperlebar bagian ruang ventilasi udara serta dari mana cahaya sinar matahari bisa masuk. Hal ini dikarenakan supaya dalam rumah mendapatkan udara bersih dan sinar pencahayaan yang baik. Ruang ventilasi dengan bentuk agak lebar akan memudahkan cahaya masuk saat pagi hari, jadi rumah akan bebas dari udara atau hawa yang panas.

  • Lengkapi ruang dengan hiasan atau furniture berupa tanaman hidup

Anda bisa menambahkan furniture berupa tanaman atau bunga (jangan bunga mati). Hal ini tentu saja bisa memberikan kesan asri serta sejuk layaknya berada didaerah bukit atau pegunungan. Yang jelas tanaman hias haruslah di tempatkan pada tempat yang benar dan tak terlalu banyak.

Desain Rumah Tropis 6

Desain Rumah Tropis 7

Desain Rumah Tropis 8

Desain Rumah Tropis

  • Warna Desain Rumah Tropis

Warna yang cocok digunakan bagi rumah bergaya tropis adalah putih, atau Anda dapat menggunakan warna lain, seperti hijau dan biru. Warna hijau akan mengubah prespektif Anda pada rumah yang sedang ditempati, dan akan terlihat asri serta sejuk. Sementara untuk warna putih adalah karena bisa memantulkan panas, yang tentu saja rumah bakal terbebas dari hawa panas saat siang hari.

  • Gunakan furniture bambu

Untuk melengkapi dari desain rumah tropis, ada baiknya untuk menambahkan beberapa furniture yang terbuat dari kayu atau bambu. Anda dapat mengganti jendela ruangan dengan menerapkan jendela ukiran bergaya tradisional, hal ini bakal membuat rumah terlihat menarik dan menyenangkan. Selain itu, lengkapi juga dengan kursi atau meja yang terbuat dari kayu, tentu setiap orang suka dengan suasana pedesaan bukan?.

Dari semua uraian diatas, maka kami anjurkan untuk menghiasi halaman rumah Anda dengan berbagai tanaman. Sebab tanpa adanya tanaman, rumah akan menjadi panas. Selain itu, pada dasarnya desain rumah tropis merupakan rumah yang memiliki fungsi guna menghindari dampak panas dari iklim tropis itu sendiri.

Foto dan Gambar Yang Perlu Anda Tahu tentang Desain Rumah Tropis

desain rumah idaman, arsitektur rumah, desain rumah cantik,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *