Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Cara Memilih Furniture Untuk Kamar Anak Agar Nyaman

November 20, 2017Posted by NinaFurnitur

Cara Memilih Furniture Untuk Kamar AnakMemilih furniture untuk kamar tidur anak, mungkin bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan dan juga sekaligus membingungkan. Rasa senang serta antusias pastinya muncul karena kita sebagai orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Namun di sisi lain, belanja furniture untuk anak juga dapat menghabiskan budget yang lumayan besar. Hal tersebut dikarenakan mereka biasanya menginginkan sesuatu yang unik dan juga berbentuk lucu. Anda juga dituntut untuk memikirkan keamanan untuk si anak.

Terkadang, terjadi perdebatan antara orang tua dan anak dalam memilih furniture yang sesuai. Maka dari itu, anda pun sebaiknya perlu meluangkan waktu satu hari penuh untuk membelinya, supaya bisa mendapatkan item yang disepakati baik anda maupun anak, tapi juga tetap berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat membeli furniture untuk anak. Maka dari itu berikut ini kami cara memilih furniture untuk kamar anak agar nyaman.

Cara Memilih Furniture Untuk Kamar Anak Agar Nyaman

Jangan membeli furniture bertema fancy

Kamar tidur maupun kursi bertemakan fancy misalnya seperti berbentuk beruang atau mobil, memang akan membuat kamar anak menjadi lebih ceria dan semarak. Namun coba anda perhitungkan, sampai umur berapakah anak akan menyukai tempat tidur, lemari serta kursi dengan warna-warna yang mencolok dan berbentuk seperti mainan ? Kemungkinan hanya di usia 5 hingga 8 tahun saja mereka akan suka dengan segala macam bentuk furniture kamar yang bertemkana fantasi seperti robot atau dinosaurus. Tetapi ketika usianya telah menginjak 10 tahun ke atas, belum tentu si anak akan tetap menyukainya.

Supaya furniture dapat digunakan hingga si anak beranjak remaja, maka pilihlah modelnya yang klasik atau basic warnanya netral. Misalnya seperti warna coklat, putih atau hitam. Tempat tidur dengan model klasik lebih fleksibel jika dihiasi dengan berbagai macam ornament yang sesuai dengan usianya. Anda pun bisa menambahkan bantal berbentuk binatang, mobil dan bunga atau memasang sprei dengan motif yang lucu.

Anda juga dapat menghiasi tempat tidur anak dengan menggunakan stiker-stiker atau melukis gambar kesukaannya. Ketika anak sudah menginjak usia yang lebih besar, anda hanya tinggal menyesuaikan penataan kamarnya dengan ornament yang lebih simple dan sederhana. Sehingga anda pun tidak perlu membelikan tempat tidur baru ketika si anak sudah tidak mau lagi tidur di situ.

Pilihlah tempat tidur yang bisa tumbuh bersama anak

Kebanyakan orang tua mungkin akan tertarik untuk membelikan tempat tidur dengan ukuran mini, dikarenakan akan terlihat sangat manis saat ditempatkan di kamar anak. Hal tersebut mungkin tidak jadi masalah jika anak anda masih berusia antara 5 hingga 8 tahun. Namun bayangkan saja ketika usianya telah mencapai 10 tahun ke atas. Bisa dipastikan dia akan bertambah tinggi dan tempat tidur yang dia gunakan sudah tidak muat lagi.

Maka dari itu belilah tempat tidur dengan ukuran regular supaya dapat anda gunakan dalam waktu yang lama. Selain itu juga berguna untuk menjaga agar anak anda tidak jatuh dari tempat tidur dengan cara memasang palang kayu pada setiap sisi tempat tidur. Atau anda juga bisa menambahkan sederetan tangga agar memudahkan anak memanjat dan turun dari tempat tidur. Ketika anak sudah lebih dewasa, anda pun dapat melepaskan palang kayu tersebut.

Perhatikan segi keamanan

Pada saat memilih furniture untuk anak, hal yang paling paling penting tentu saja adalah keamanan. Jangan memilih furniture yang memiliki sudut-sudut tajam, pilihlah yang memiliki sudut-sudut membulat. Periksalah setiap bagian yang terdapat pada furniture sebelum membelinya. Misalnya saja, ketika lemari, pintu serta lacinya haruslah bisa tertutup dengan sempurna namun tetap tidak menyulitkan si anak ketika membukannya. Guncang-guncangkan furniture yang memiliki ukuran tinggi seperti meja belajar, lemari, rak buku untuk mengecek kekokohan dari barang yang akan anda beli. Hidarilah membeli furniture dengan pinggiran yang terbuat dari metal.

Sesuaikanlah dengan budget yang ingin anda keluarkan

Tersedia berbagai macam furniture untuk anak dalam beberapa model dan harganya pun sangatlah bervariasi, dari yang paling murah hingga yang paling mahal dan sesuai dengan kualitasnya masing-masing. Maka dari itu sebelum anda berangkat ke toko furniture, pastikan terlebih dahulu apakan anda telah menentukan budget yang akan dikeluarkan dan juga model furniture seperti apa yang sekiranya mampu anda beli.

Selain pemilihan furniture, pemilihan pancahayaan juga penting

Disamping pemilihan furniture, pemilihan pencahayaan ruangan juga sangatlah penting untuk memberikan kenyamanan pada si anak, apalagi jika kamar tersebut juga digunakan sebagai ruangan belajar. Untuk itu, anda dapat memasang lampu pada langit-langit kamar, kamudian lapu di atas meja belajar serta lampu di samping tempat tidur. Dengan memasang lampu untuk memberikan pencahayaan yang baik, anak anda akan terhindar dari segala macam penyakit gangguan mata yang mampu mempengaruhi penglihatannya.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda dalam hal pemilihan, karena pada saat sampai di toko anda tidak perlu bingung untuk memilih model furniture yang sesuai. Pastikanlah budget yang akan anda keluarkan telah mencakup biaya pengiriman.

Diskusikan terlebih dahulu dengan anak

Anda juga dapat mengajak anak untuk berdisukusi mengenai kamar yang seperti apa yang dia inginkan. Mintalah beberapa brosur dan katalog, kemudian perlihatkan kepada anak. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari dari permintaan yang terlalu bermacam-macam, batasilah pilihannya pada 4 sampai 5 item saja, terutama item sesuaikan item dengan budget yang anda miliki.

Cara Memilih Furniture Untuk Kamar Anak Agar Nyaman

Anda bisa mulai dengan menanyakan warna apa yang mereka inginkan sehingga terjadi interaksi yang intens pada saat pemilihan furniture. Cat pada bagian dinding dan furniture suatu saat bisa diganti ketika anak anda sudah merasa bosan. Untuk memberikan efek tenang dan nyaman, pilihlah warna yang kalem seperti krem atau biru muda. Sedangkan untuk membuat suasana kamar menjadi semakin semangat, anda bisa menggunakan warna terang seperti hijau muda atau kuning.

Di bawah ini, anda bisa melihat video furniture untuk kamar anak

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara memilih furniture untuk kamar anak agar nyaman. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memilih furniture untuk kamar yang mampu menciptakan suasana nyaman pada si anak. Selamat mencoba dan terima kasih.

Foto dan Gambar Cara Memilih Furniture Untuk Kamar Anak Agar Nyaman

Memilih Furniture Untuk Kamar, Cara Memilih Furniture Untuk Kamar, Furniture Untuk Kamar,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *