Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Mengetahui Jenis-jenis Alat Pemanas Air untuk Kamar Mandi

August 31, 2015Posted by hartonoInformasi

Mandi menggunakan air hangat memang memberikan kenikmatan tersendiri. Apalagi jika musim dingin tiba, atau Anda pulang larut malam selepas bekerja. Air hangat serasa menjadi penyegar bagi tubuh untuk kembali bersemangat. Oleh karena itu, tren instalasi pemanas air di rumahan mulai merebak. Mungkin Anda salah satunya, yang menginginkan adanya pemanas air di kamar mandi di dalam rumah Anda.

Sebelum mengambil keputusan untuk berbelanja mesin pemanas air, ada baiknya Anda mengatahui jenis-jenis alat pemanas air, sebagai referensi bagi Anda untuk sehingga nantinya Anda bisa memilih alat pemanas yang paling tepat, baik dari sisi ekonomi maupun fungsi.

Jenis – Jenis Alat Pemanas Air / Water Heater

Pada dasarnya, semua alat pemanas memiliki fungsi yang sama, yaitu memanaskan air. Hal utama yang membedakan diantara berbagai jenis oemanas air adalah sumber energi timbulnya panas yang digunakan untuk memanaskan (meningkatkan suhu) air. Di era modern saat ini dengan teknologi yang telah berkembang dengan pesat, alat pemanas air semakin praktis penggunaannya dan harganya pun semakin lama semakin murah. Ada berbagai macam alat pemanas yang bisa kita temui, di antaranya :

  • 1. Electric Water Heater

    Electric Water Heater adalah alat pemanas air yang mengandalkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Memiliki prinsip dasar sama seperti setrika listrik, hair dryer dan alat listrik lainnya yang menghasilkan panas.

    Terdapat dua macam electric water heater, yaitu dengan tangki dan tanpa tangki. Pamanas air listrik dengan tangki memiliki variasi harga yang ditentukan oleh besarnya ukuran tangki. Semakin besar kapasitas tangki, umunya semakin mahal. Jenis yang lain adalah pemanas air listrik tanpa tangki. Kelemahan utama dari alat pemanas jenis ini adalah konsumsi daya listrik yang cukup besar, sekitar 2000 watt. Namun di pasaran juga beredar pamanas air listrik tanpa tangki dengan kebutuhan daya sekitar 300 watt. Akan tetapi, diperlukan waktu sekitar 3 – 4 menit untuk mendapatkan air panas jika menggunakan alat ini.

    Instant Electric Water Heater - Pemanas Air Listrik Tanpa Tangki

    Alat pemanas air tanpa tangki bisa didapatkan dengan harga relatif murah, sekitar 400 – 600 ribuan. Salah satu kekhawatiran dalam penggunaan pemanas air listrik adalah terjadinya kecelakaan akibat kesetrum. Sebenarnya di semua pemanas air listrik selalu disertakan pengaman anti kontak MLCB (Main Line Circuit Breaker) yang gunanya memutus aliran listrik jika terjadi korsleting atau kesetrum. Akan tetapi, kasus kecelakaan terjadinya kesetrum saat mandi dengan pemanas air listrik bukanlah hal yang tidak pernah terdengar.

    Ada begitu banyak merk yang tersedia di pasaran untuk electric water heater, dengan berbagai variasi harga, namun relatif terjangkau, seperti electric water heater Ariston, Rinnai, pemanas air listrik daalderop, water heater gainsborough, rheem, paloma, wasser dll. Electric water heater banyak dipakai di rumah tinggal sebagai sarana untuk mandi air panas, hotel, apartement, rumah sakit, villa, dan lain-lain.

    Portable Water Heater

    Sebenarnya komponen elektrik utama didalam pemanas air listrik yang mahal (dengan berbagai variasi harganya) sama saja, bentuknya berupa elemen pemanas. Hanya saja setelah di-packaging sedemikian rupa, ditambahkan tangki penyimpan air yang kedap suhu dengan berbagai tingkat kualitas, serta ditambahkan sensor suhu dan automatic switch, harganya menjadi mahal. Jika perhatian utama Anda adalah di masalah harga, maka pilihan menggunakan Portable Water Heater cukup murah meriah, harganya cuma disekitar 50 ribu – 70 ribu.

    Water Heater Portable Electric - Pemanas air listrik portable

    Cara penggunaannya pun cukup mudah. Siapkan satu ember air, celupkan pemanas air tersebut dan colok ke listrik. Periksa apakah panas air sudah mencukupi, jika sudah, cabut colokan listrik dan bisa mulai mandi. Perhatikan juga pemanas air ini juga tersedia dari yang “hemat energi” yang 350 Watt hingga yang 2.000 Watt. Bedanya sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semakin besar daya konsumsi listriknya maka air panas (dalam jumlah yang sama) akan lebih cepat didapatkan.

  • 2. Solar Water Heater

    Solar Water Heater adalah alat pemanas air yang mengandalkan energi surya matahari yang dikenal dengan istilah solar panel, karena menghasilkan air panas. Pemanas air jenis ini selalu dilengkapi dengan tangki yang berukuran sangat besar karena matahari energi pemanasnya tidak bisa didapat selama 24 jam. Tangki yang besar itu gunanya untuk menampung air panas yang cukup untuk dikonsumsi untuk sekian orang dalam satu rumah.

    Solar Water Heater - pemanas air energi matahari

    Untuk negara Indonesia yang terletak digaris khatulistiwa dan beriklim tropis, dimana panas matahari sangat mudah didapat, alat pemanas air jenis ini sangat cocok. Anda mungkin berpikir bahwa panas matahari tidak lah selalu ada, terutama jika musim penghujan tiba. Itulah kenapa pada umumnya alat ini dilengkapi dengan pemanas cadangan (berupa elektric heater), yang dapat diaktifkan saat kondisi darurat tidak ada panas matahari, sehingga air panas tetap bisa didapatkan.

    Sekali terpasang, pemanas air jenis ini nyaris tanpa perawatan dan tidak keluar biaya operasional apapun lagi karena cukup disinari matahari saja (kecuali anda sering berada dalam kondisi darurat tanpa matahari, maka konsumsi listrik akan bertambah). Kekurangan utama alat pemanas jenis ini adalah harganya mahal, belasan hingga dua puluhan juta tergantung pada kapasitas tangki penyimpanannya, diluar ongkos pasang yang juga relatif mahal. Alat ini perlu dipasang di tempat yang tinggi, tidak terhalang bangunan / pohon agar bisa menerima paparan sinar matahari secara maksimal.

    Produk ini sangat trend di Indonesia, banyak beredar merk pemanas dari tenaga surya, baik produk import maupun produk buatan dalam negeri, seperti pemanas air wika, solar water heater solahart, solar water heater edwards, solar water heater intisolar, solar water heater handal dan lain-lain.

  • 3. Gas Water Heater

    Gas Water Heater adalah alat pemanas air yang mengandalkan energi dari pembakaran gas elpiji, dikenal dengan gas heater, biaya gas elpiji untuk masa sekarang ini relatif murah (dibandingkan harga listrik).

    Gas water heater mempunyai bentuk persegi yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Ciri-cirinya diatas pemanas air ini ada lubang silinder yang berfungsi sebagai cerobong asap (kenalpot) untuk membuang asap hasil pembakaran. Jangan takut mendengar istilah cerobong asap karena sesungguhnya tidak terlihat ada asap apapun yang keluar dari ini, hanya saja karena cara bekerjanya adalah membakar air yang melewatinya, tetap diperlukan cerobong asap tersebut. Selain biaya pemakaian yang relatif murah, keunggulan lain pemanas air gas ini adalah air panas yang tersedia nyaris instant, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 detik sejak dihidupkan air yang mengalir keluar sudah panas.

    Harga Gas Water Heater

    Dari segi keamanan, jika Anda berencana menggunakan pemanas jenis Gas Wwater Heater, perlu disiapkan ventilasi yang cukup di dalam kamar mandi. Karena alat pemanas ini membutuhkan oksigen untuk pembakaran, agar pembakaran sempurna dan tidak menimbulkan gas beracun berupa karbon monoksida. Jadi, penggunaan alat pemanas jenis ini di ruang kamar mandi yang tertutup rapat sangat tidak dianjurkan, karena bisa membahayakan penggunanya.

    Banyak dipakai untuk rumah tinggal, hotel, dan villa, produk gas heater yang banyak beredar dipasaran yaitu merk seperti rheem gas water heater, rinnai gas heater, paloma, wasser, dan lain-lain. Adapun harga Gas Water heater berada pada kisaran 500 ribu – 1 jutaan.

  • 4. Aircon Water Heater / Heat Exchanger Water Heater

    Adalah alat pemanas air yang mengandalkan energi buang dari out door AC ( Air Conditional ), yaitu suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Prinsip kerja heat exchanger water heater ini adalah mengumpulkan panas yang dibuang oleh compressor kemudian dialirkan ke tabung penyimpanan air untuk memanaskan air disana. Pemanas air jenis ini tidak mempunyai bentuk yang spesifik selain mempunyai satu tangki penyimpan air panas seperti yang terdapat pada jenis pemanas air yang lain.

    Jika Anda telah memiliki AC yang terpasang di rumah, maka pemanas air jenis ini merupakan solusi yang sangat efisien dan murah. Karena tidak ada energi tambahan yang diperlukan. Dalam penggunan pemanas air ini, Anda memanfaatkan “sampah” atau buangan dari AC berupa panas. Jadi, selain Anda mendapatkan dingin dan sejuknya AC untuk ruangan di rumah ANda, Anda jusa mendapatkan air panas di kamar mandi.

    Kekurangan utama dari alat pemanas jenis ini adalah belum adanya produk yang “ready for use”. Kita perlu merakitnya sendiri dan mengintergrasikannya dengan AC yang telah ada. Tidak banyak orang yang mengerti cara kerja dan teknik pemasangannya sehingga tidak mudah mencari tukang yang bisa langsung pasang. Selain itu perlu juga mempertimbangkan faktor jarak antara compressor ke tangki pemanas air serta jarak ke kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan sifat rambatan panas yang cepat hilang jika harus dilewatkan pada media yang cukup panjang.

    Saat ini produk yang dominan beredar adalah merk wika aircon water heater. Harga Aircon Water Heater / Heat Exchanger Water Heater terbilang cukup mahal, ada di kisaran harga 8 juta – belasan jutaan.

  • 5. Heat Pump Water Heater

    Heat Pump Water Heater atau pompa kalor adalah alat pemanas air yang mengandalkan suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Udara luar (outdoor air, semakin panas semakin efisien) dihisap masuk oleh kipas, udara luas yang panas ini akan memanaskan refrigerant ramah lingkungan didalam evaporator, selanjutnya melalui kompresor, refrigerant yang telah panas ini ditekan sehingga bertambah panas lagi dan disirkulasikan ke heat exchanger tersebut.

    Proses pemanasan heat pump ini sangat efisien karena listrik diperlukan hanya untuk kompresor saja, sehingga secara keseluruhan akan menghasilkan kapasitas pemanasan hingga 3X Lipat daya yang dipakai heat pump dengan kata lain heat pump memerlukan daya listrik hanya sepertiga dari kapasitas pemanasnya. Merk yang beredar dipasaran, wika heat pump dan media heat pump.

  • 6. Boiler Water Heater

    Boiler Water Heater adalah alat pemanas air yang mengandalkan energy solar, banyak digunakan untuk kebutuhan air panas dengan kapasitas besar dengan suhu cukup panas kisaran, 80 derajat sampai 100 derajat celcius. Bahkan ada yang sampai menghasilkn uap, dikenal dengan nama steam boiler. Air panas yang dihasilkan diatas suhu 100 derajat celcius dan kebanyakan boiler water heater dan sistem boiler digunakan untuk proses industri, banyak dipakai dipabrik – pabrik yang membutuhkan air panas dengan suhu tinggi, bahkan memerlukan uap panasnya. Hotel – hotel besar untuk memenuhi kebutuhan air panas di kamar-kamar, keperluan kitchen, dan air panas untuk laundry, yang semuanya membutuhkan air panas dengan jumlah besar.

    Jenis alat pemanas ini hampir tidak pernah ditemui di lingkungan rumah tangga, karena diperlukan investasi yang sangat mahal untuk instalasinya.

Itulah tadi beberapa jenis alat pemanas air, berdasarkan sumber energi pemanasnya. Anda bisa mempertimbangkan, jenis alat pemanas mana yang paling cocok untuk dipasang di rumah Anda. Hal lain yang menjadi pembeda dalam masalah harga adalah merk atau pabrik pembuatnya. Meskipun harga dan spesifikasi barangnya hampir sama, terkadang ada perbedaan yang cukup signifikan antara merk satu dengan yang lain. Anda perlu mencario referensi tambahan terkait kualitas dari masing-masing merk, yang bisa Anda dapatkan dari penjual atau orang-orang di sekitar Anda.

Semoga bermanfaat.

Foto dan Gambar Mengetahui Jenis-jenis Alat Pemanas Air untuk Kamar Mandi

kamar mandi, pemanas air, water heater,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *