Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circular

November 1, 2015Posted by hartonoInformasi

Ada dua jenis mesin gergaji yang bisa dipilih sebagai perkakas di rumah Anda, jika Anda termasuk orang yang hobi dengan wood working, atau sering melakukan kegiatan berkreasi dengan kayu. Entah itu membuat lemari, meja, kursi atau perabot dari kayu lainnya. Mesin gergaji yang dimaksud adalah mesin gergaji Jigsaw dan mesin gergaji Circular.

Sekilas, dari bentuknya saja sudah bisa terlihat perbedaanya. Dan Anda yang sudah lama bergelut di dunia wood working pasti tahu secara pasti, apa fungsi masing-masing alat tersebut secara spesifik. Kapan perlu menggunakan mesin gergaji Jigsaw, dan kapan perlu menggunakan mesin gergaji Circular. Karena idealnya, seorang wood worker harus punya keduanya, untuk menunjang pekerjaannya.

Bagi Anda yang ingin memulai pekerjaan atau sekedar hobi wood working, mungkin sedikit bingung, mana yang harus didahulukan untuk dibeli (dengan asumsi dana yang Anda miliki masih terbatas). Jigsaw-kah ? Atau Circular lebih dulu ?

Dari prinsip kerjanya, sudah bisa dilihat bahwa kedua jenis mesin gergaji ini berbeda, di mana pergerakan memotong pada mata gergaji jigsaw ialah naik turun (atau maju mundur seperti gergaji tangan / manual) sedangkan pada gergaji circular memakai mata piringan yang berputar. Jika diperbandingkan, kedua jenis mesin gergaji ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, berikut ini penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Gergaji Jigsaw

Mesin gergaji jigsaw adalah mesin gergaji yang pergerakan mata gergajinya naik turun, dan biasa digunakan untuk memotong kayu, terutama untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Karena mata pisau-nya tipis mesin potong ini kurang cocok untuk memotong papan tebal karena akan menghasilkan potongan yang kurang rata. Jika Anda ingin memotong triplek tebal dengan bentuk lingkaran, oval atau bentuk lekukan lain, maka mesin ini akan sangat membantu.

Cara menggunakan mesin gergaji jigsaw

Mesin jigsaw memiliki beberapa jenis pisau/mata gergaji, ada yang halus, kasar dan lain-lain tergantung penggunaan. Mata pisau kasar menghasilkan potongan yang cepat tetapi kurang rapi, sebaliknya mata pisau halus menghasilkan potongan yang lebih halus/rapi tetapi akan lebih memakan waktu.

Kelebihan Mesin Gergaji Jigsaw

  • Umumnya, daya listrik yang digunakan lebih kecil daripada mesin gergaji circular.
  • Mesin gergaji jigsaw dapat digerakkan lebih bebas saat melakukan pemotongan, sehingga bisa melakukan pemotongan zigzag, melengkung, melingkar ataupun berkelok.
  • Dari segi berat, umumnya lebih ringan jika dibandingkan dengan mesin gergaji circular.
  • Mesin gergaji Jigsaw dapat digunakan untuk memotong beberapa material, tidak hanya kayu. Tetapi dengan catatan dilakukan penyesuaian antara material yang akan dipotong dengan pisau gergaji yang digunakan.
  • Posisi bidang kerja lebih fleksibel. Tidak harus digunakan pada meja kerja bidang datar.

Di bawah ini, Anda bisa melihat video tentang cara kerja serta penggunaan mesin gergaji Jigsaw.

Kelemahan Mesin Gergaji Jigsaw

  • Untuk pemotongan kayu yang lurus dan panjang, dibutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan mesin gergaji circular.
  • Dari bentuk pisau gergajinya, sudah bisa diduga, jika mata pisau gergaji jigsaw lebih mudah patah jika dibandingkan pisau gergaji circular yang berbentuk lingkaran.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Gergaji Circular

Prinsip kerja mesin gergaji circular sama dengan mesin gerinda. Dimana pisau potong berbentuk lingkaran digerakkan memutar dengan menggunakan motor listrik. Ketebalan kayu yang dapat dipotong dengan gergaji circular tergantung pada jari-jari mata pisau yang bisa dipasang pada mesin tersebut.

Kelebihan dan kelemahan mesin gergaji circular

Jika dibandingkan dengan mesin gergaji jigsaw, maka kelebihan serta kekurangan yang dimiliki mesin gergaji circular adalah sebagai berikut.

Kelebihan Mesin Gergaji Circular

  • Mesin gergaji circulat lebih nyaman, cepat dan mudah saat digunakan untuk memotong kayu yang panjang dengan potongan lurus.
  • Mata pisau mesin gergaji circular relatif lebih awet jika dibandingkan dengan mata pisau gergaji jigsaw yang cenderung mudah patah. Hal ini juga tidak lepas dari perawatan serta cara menggunakan alat-alat tersebut.

Kelemahan Mesin Gergaji Circular

  • Tidak bisa digunakan untuk memotong papan kayu secara melingkar ataupun zigzag.
  • Daya listrik yang digunakan umumnya lebih besar jika dibandingkan mesin gergaji jigsaw.
  • Mesin gergaji circular lebih berat. Oleh karena itu, diperlukan bidang kerja datar untuk keamanan serta kenyamanan saat bekerja.

Seperti yang telah disebutkan di atas, idealnya, Anda harus memiliki keduanya jika ingin bekerja di sektor wood working. Karena kedua mesin gergaji ini memiliki perannya masing-masing dan sangat dibutuhkan saat melakukan pekerjaan Anda. Tetapi jika Anda masih terbatas pada biaya, maka pilihlah untuk memprioritaskan pembelian mesin gergaji Jigsaw terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

Foto dan Gambar Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circular

circular saw, gergaji, jigsaw, woodworking, kelebihan dan kekurangan, mesin gergaji,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *