Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Topmix, Beton Berpori yang Dapat Menyerap Air 3000 liter/menit

September 29, 2015Posted by hartonoInformasi Material Bangunan

Salah satu masalah yang timbul ketika melakukan pengerasan permukaan tanah adalah masalah drainase. Jika permukaan tanah ditutup secara penuh dengan beton atau aspal, akan timbul masalah jika hujan turun. Ya, genangan air. Solusi untuk masalah genangan air adalah dengan merancang daerah yang diperkeras permukannya, dengan menyediakan jalan air dan sistem buangan atau penyerapan air.

Tetapi pernahkah Anda membayangkan, jika ada campuran bahan beton, yang memiliki pori, yang dapat menyerap air hingga 3000 liter lebih dalam satu menit ?

Uji Topmix Beton berpori di area parkir

Beton berpori Topmix (Topmix Permeable concrete) dirancang untuk menjadi penutup permukaan dengan sifat super penyerap yang memungkinkan air merembes melaluinya. Tidak menimbulkan genangan air di permukaan. Sebuah solusi terkini untuk mengatasi banjir, khususnya di daerah perkotaan.

Disamping sebagai solusi untuk mengatasi masalah banjir, Tamac (pengembang Topmix) mengatakan penerapan bahan ini juga akan memberikan dampak yang besar di bidang keamanan jika diaplikasikan di jalan untuk menggantikan aspal. Penggunaan aspal di jalan, – meskipun dengan sistem drainase yang bagus, yang dapat mencegah adanya denangan air, – tetap memiliki resiko. Karena aspal tidak bisa menyerap air saat terjadi hujan, sehingga aliran air akan tetap ada. Apalagi jika terjadi hujan yang cukup deras. Beton berpori Topmix diciptakan, salah satunya untuk mengatasi masalah tersebut. Menghilangkan adanya aliran dan genangan air. Jika terjadi hujan, air yang mencapai permukaan jalan (dengan material beton berpori Topmix) akan langsung ‘diminum‘ oleh permukaan jalan. Air akan langsung merembes masuk ke dalam tanah.

Di bawah ini adalah video yang menunjukkan bagaiman materi ini diuji, dengan diaplikasikan di sebuah lahan parkir. Anda bisa melihat bagaimana permukaan beton meminum air sekitar 880 galon per menitnya. Tampak bahwa sebagian besar air langsung ‘ambles’, terserap kedalam tanah seketika saat menyentuh permukaan beton.

Untuk mengoptimalkan fungsi penyerap air dari Topmix, perlu dibuat sistem drainase di bawah tanah dengan menggunakan bahan kerikil dan pendukung sistem drainase berupa pipa pipa air. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan daya serap air, sehingga berapapun jumlah air yang jatuh ke permukaan akan tetap terserap.

Sistem drainase ideal materi beton berpori Topmix

Tarmac mengklaim, beton berpori tidak hanya mengatasi masalah genangan air. Ketika musim panas, materi ini juga lebih dingin, tidak sepanas aspal atau beton biasa.

Hingga tulisan ini dibuat, sepertinya materi Topmix ini belum tersedia di Indonesia. Tulisan ini hanyalah sebagai ulasan tentang perkembangan di dunia bangunan, yang kemungkinan besar nanti akan segera hadir di Indonesia. Dari sumber artikel di dailymail yang mengulas mengenai materi Topmix, ada beberapa komentar menarik yang bisa menjadi perhatian.

“Apa yang akan terjadi jika musim dingin tiba ? Air hujan masuk ke dalam pori-pori, kemudian membeku di dalamnya ? Dan sifat air adalah mengembang saat membeku. Maka otomatis bisa merusak lapisan materi beton, mengangkatnya dan menjadikannya pecahan berkeping-keping.”

Jawaban dari pertanyaan itu mungkin adalah keharusan membuat sistem drainase (lapisan kerikil dan pipa-pipa buangan) di bawah permukaan beton. Sehingga tidak ada air yang diam / terjebak di dalam pori-pori beton dan berpotensi merusak lapisan beton saat membeku.

Sebuah komentar maupun pertanyaan lain yang juga penulis pikirkan. Dan saya rasa ini akan menjadi masalah utama jika materi Topmix ini diterapkan di Indonesia.

“Bagaimana jika ada banyak debu dan kotoran lain di permukaan ? Daun-daun yang kering. Tanah yang menempel di roda-roda motor / mobil ? Pori-pori beton pasti akan tertutup dan dan lama kelamaan kemampuan menyerap air-nya akan berkurang.”

Anda punya jawaban ?

Foto dan Gambar Topmix, Beton Berpori yang Dapat Menyerap Air 3000 liter/menit

aspal, topmix, beton,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *