Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Minimalis Anda

May 1, 2016Posted by NinaRumah Minimalis

Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Minimalis AndaSalah satu bagian yang bisa dikatakan sebagai tempat yang paling vital di dalam rumah adalah dapur. Hal tersebut dikarenakan dapur merupakan bagian rumah dimana seluruh keluarga biasanya berkumpul untuk menikmati hidangan atau hanya sekedar mengobrol. Ruang dapur merupakan ruangan dimana kita bisa merasakan kehangatan keluarga, dimana semua angota keluarga melepaskan penat dengan mengisi energy kembali. Maka dari itu sangatlah penting dalam mendesain dapur di rumah anda. Dan kitchen decoration atau yang biasa kita sebut sebagai interior dapur merupakan salah satu unsur yang menentukan tampilan dapur kita tersebut.

Sangatlah penting untuk merancang interior dapur minimalis dengan semaksimal mungkin supaya ruangan tersebut mampu mengakomodasi kebutuhan untuk menyiapkan hidangan untuk seluruh anggota keluarga. Apalagi jika rumah anda termasuk rumah yang mengusung gaya minimalis, sehingga memilih desain dapur merupakan sesuatu yang perlu mendapatkan perhatian khusus, mengingat rumah dengan gaya minimalis biasanya identic dengan lahan yang kurang luas.

Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Minimalis Anda

 

Pada konsep rumah minimalis open plan, ruangan makan digabungkan dengan dapur demi efisiensi ruangan, oleh karena itu sangatlah penting untuk membuat ruangan yang multifungsi ini tetap terasa nyaman. Jika anda menggabungkan dapur dengan ruang makan, maka bagian rumah tersebut tentunya akan menajdi raungan yang paling sibuk dan ramai dikarenakan seluruh anggota keluarga akan berkumpul, berkomunikasi, dan berinteraksi di sini untuk mempererat hubungan keluarga.

Lagi pula desain dapur yang minimalis sangat cocok untuk mereka yang jarang memasak. Jarang memasak disini bukan berarti tidak suka memasak tapi jarang memasak masakan yang aneh-aneh alias bukan orang yang memiliki hobi memasak. Apabila anda termasu kseseorang yang hobi memasak, luas dapur yang kecil tentunya bisa menjadi hambatan anda dalam memasak. Karena dengan ukuran dapur yang luas, anda bisa dengan leluasa meletakkan berbagai alat untuk keperluan memasakmtermasuk tempat penyimpanan bahan masakan serta alat masak. Namun jika anda hanya memasak masakan sehari-hari seperti membuat sayur, menumis dan menggoreng, maka dengan desain dapur yang minimalis sudah merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda.

Rumah minimalis biasanya identic dengan lahan yang tidak terlalu luas, sehingga lebih baik jika anda menggabungkan ruang dapur dengan ruang makan. Kombinasi antara kedua ruangan ini sangatlah pas dan cocok. Maka dari itu anda juga dituntut harus pintar dalam memilih warna yang cocok untuk kedua fungsi ruangan yang dagabungkan menjadi satu ruana tersebut. Misalnya seperti warna cat dinding dapur dan ruang makan.

Ruang dapur sangat cocok jika menggunakan warna cat dinding yang gelap, karena dapur sangatlah rentan terhadap kotoran, oleh sebab itu sangat disarankan untuk memilih warna cat dengan nuansa gelap. Namun berbeda dengan bagian dapur, raung makan malah sebaliknya harus menggunakan warna cat yang bernuansa terang agar mampu memunculkan nafsu makan. Apabila anda dapat mengkombinasikan kedua warna antara terang dan gelap pada ruang dapur anda dengan porsi yang sesuai maka akan menghadirkan nuansa baru dari hasil kombinasi kedua warna tersebut.

Selain warna, ruang dapur minimalis anda tentunya juga perlu memakai furniture dapur yang minimalis. Hal tersebut bertujuan agar anda tidak menghabiskan banyak lahan pada ruang dapur anda. namun apabila anda memaksakan menggunakan perabotan dapur yang memiliki ukuran yang besar, maka tentunya akan membuat dapur anda menjadi terasa tidak nyaman dan sempit.

Di bawah ini, anda bisa melihat video desain dapur minimalis untuk rumah minimalis

Disarankan untuk membeli furniture dapur yang dijual di toko furniture khusus yang menyediakan berbagai furniture untuk tipe dapur dengan desain minimalis, yang sudah dijual dalam satu set. Sehingga anda tidak perlu bingung lagi untuk mengkombinasikan furniture anda antara satu dengan yang lainnya. Dan perlu anda ingat untuk selalu memilih furniture yang sesuai dengan warna dapur anda. Hal tersebut agar membuat semua desain elemen yang terdapat pada model ruang dapur minimalis anda terlihat seimbang dan selaras antara satu dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa desain dapur minimalis untuk rumah minimalis anda yang bisa anda coba

Peralatan yang ada di dapur anda

Area dapur memang sudah selayaknya menjadi tempat yang ideal bagi anda untuk menyiapkan makanan yang sehat dan bersih untuk seluruh keluarga. Fungsi utama tersebut tidak akan terpenuhi jika pada dapur anda tidak tersedia peralatan wajib. Tidak perlu sekomplit peralatan memasak seperti yang dimiliki oleh koki restoran, minimal pada dapur mungil anda tentunya harus tersedia kompor gas dengan keamanan yang memenuhi standar, wajan dan panic, alat penyimpanan bahan makanan seperti kulkas dan lemari dapur, ditambah alat memasak lainnya seperti talenan dan pisau, dan yang terakhir adalah peralatan makan.

Beberapa dapur modern rasanya tidaklah lengkap jika tidak dilengkapi dengan interior dapur yang minimalis modern dengan peralatan memasak yang juga canggih misalnya seperti magic jar, microwave, blender, juicer, sapai coffe maker. Selain bisa mempermudah pekerjaan anda dalam menyiapkan makanan, tahukah anda bahwa peralatan modern itu juga bisa untuk memenuhi fungsi dekoratif atau bisa juga sebagai penghias ruangan. Tentunya anda juga perlu memilih peralatan dengan warna, bentuk atau tipe yang memang unik.

Furniture dalam interior dapur minimalis

Supaya membuat ruangan dapur anda terlihat lebih lega maka pilihlah kitchen set atau peralatan dapur dengan ukuran yang proposional. Pada saat ini telah tersedia berbagai macam pilihan kitchen set dengan warna-warna cerah yang cantik dan juga serasi untuk melengkapi interior dapur minimalis anda. penggunaan warna-warna yang lebut merupakan salah satu trik yang banyak direkomendasikan oleh para desainer interior agar membuat ruangan dapur minimalis anda yang terbatas mendaji terlihat lebih menarik.

Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Minimalis Anda

 

Dan untuk tempat penyimpanan perabotan anda bisa memanfaatkan lemari supaya lebih mudah mencari benda yang anda butuhkan. Dengan adanya furniture yang satu ini anda pun dapat memajang koleksi barang pecah belah anda yang unik sebagai hiasan. Dan satu hal lagi yang penting, dalam memilih peralatan dapur hendaknya disesuaikan dengan luas ruanagan supaya tercipta keseimbangan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai desain dapur minimalis untuk rumah minimalis anda. semoga bermanfaat dan bisa membantu anda mendesain dapur minimalis anda menjadi lebih nyaman. Terima kasih.

Foto dan Gambar Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Minimalis Anda

Dapur Minimalis, Desain Dapur Minimalis,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *