Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

6 Cara Kreatif Menggantung Foto atau Lukisan

October 17, 2015Posted by hartonoDekorasi Tips (DIY)

Foto, lukisan atau karya seni 2 dimensi lain merupakan dekorasi yang hampir selalu ada di setiap rumah. Memasukkan foto / lukisan di dalam pigura, kemudian menggantungnya di dinding dengan paku. Diletakkan di ruang keluarga, atau ruang tamu dengan tujuan sebagai penghias agar dinding tidak tampak kosong. Apakah Anda merasa bosan dengan cara yang itu-itu saja ?

Kali ini, rumahDIY akan berbagi 6 cara unik dan kreatif dalam mempresentasikan foto atau karya seni 2 dimensi lain sebagai dekorasi rumah Anda.

1. Gantung pigura dengan pita

menggantung frame foto dengan pita

Gunakan pita untuk menggantung foto atau lukisan berpigura. Jika Anda membeli pigura tempel, biasanya terdapat tautan di bagian atasnya, yang digunakan untuk menautkan pigura di paku pada dinding. Ikatkan pita pada tautan tersebut, dengan membentuk simpul yang cukup elegan. Simpul dengan bentuk kupu-kupu, misalnya. Kemudian ikatkan ujung yang lain pada paku yang menempel di dinding, sehingga pigura menjadi tergantung. Sebagai variasi hiasan agar tampak lebih indah, letakkan beberapa pigura secara berdekatan. Variasi warna dari pita yang digunakan sebagai tali penggantung juga akan memberikan efek yang lebih menarik.

2. Gunakan klip binder ataupun jepitan baju

Cara ini bisa digunakan untuk menggantung lembaran foto atau poster. Anda tidak harus memiliki pigura untuk memajang foto di dinding. Gunakan klip binder untuk menjepit lembaran foto / poster, kemudian kaitkan klip binder tersebut pada paku yang menancap di tembok.

Menggunakan klip binder untuk menggantung foto

Atau gunakan jepitan baju. Hentangkan seutas tali yang menempel di tembok, kemudian ikatkan beberapa foto atau poster dengan menggunakan jepitan baju, layaknya Anda menjemur pakaian. Variasi warna tali dan jepitan baju yang digunakan akan semakin mempercantik tampilan foto / poster sebagai dekorasi di dinding rumah Anda.

Penjepit pakaian untuk menggantung foto dan lukisan

3. Gunakan gantungan baju

Pilih bentuk dan ukuran gantungan baju yang sesuai dengan ukuran kertas foto/poster yang akan digantung. Gunakan selotip atau doubletip untuk menempelkan foto/poster pada gantungan baju, kemudian kaitkan gantungan baju tersebut pada paku yang tertanam di dinding.

Gantungan baju untuk menggantung foto dan lukisan

4. Menyandarkan pigura / frame di rak tempel

Beri frame / pigura pada foto atau lukisan yang Anda miliki. Kemudian, buatlah rak yang menempel di dinding untuk menyandarkan pigura – pigura tadi.

Menyusun foto dalam frame di rak tempel dinding

5. Manfaatkan daun jendela bekas

Anda memiliki daun jendela bekas ?
Daun jendela dengan desain seperti pada gambar di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan foto jika sudah tidak terpakai. Anda hanya perlu menempelkan foto atau lukisan yang Anda miliki di kaca-kaca daun jendela tersebut, kemudian menggantungkan daun jendela tersebut pada dinding.

Daun jendela bekas sebagai frame foto

6. Gantung beberapa foto atau lukisan yang sama

Cara ini dilakukan seperti biasa, yaitu dengan memberikan frame pada foto atau lukisan yang akan dipajang. Namun, apa yang berbeda adalah, ada seni pengulangan di sini. Ya, Anda setidaknya menyiapkan 2 atau lebih foto / karya seni yang sama, dan dibingkai dengan frame yang sama, kemudian menggantungnya di dinding dengan pola tertentu. Coba perhatikan gambar di bawah ini. Keempat frame tersebut memuat karya seni yang sama, kemudian disusun sedemikian rupa. Cobalah melakukan hal yang sama sebagai dekorasi di dinding rumah Anda.

Seni pengulangan menyusun foto di dinding

Itulah tadi beberapa ide menggantungkan foto atau karya dua dimensi lain di dinding rumah Anda. Semoga menginspirasi.

Foto dan Gambar 6 Cara Kreatif Menggantung Foto atau Lukisan

hiasan dinding, bingkai, frame, dinding, lukisan, foto,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *