Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Cara Memilih Batako yang Bagus

December 2, 2014Posted by hartonoTips (DIY)

Salah satu jenis material bahan bangunan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dinding adalah batako. Untuk itu, anda yang berkeinginan membangun rumah impian dengan batako, perlu mengetahui bagaimana cara memilih dan mengetahui batako yang berkualitas bagus. Hal itu sangatlah penting, mengingat kualitas batako sebagai bahan dasar juaga akan berpengaruh besar terhadap kualitas dinding yang akan dibuat.

Pada artikel sebelumnya, rumahDIY telah memaparkan beberapa perbandingan kelebihan dan kekurangan batako, jika dibandingkan dengan batu bata dan bata ringan.

membuat batako yang kuat

Seperti yang anda ketahui, salah satu keuntungan penggunaan batako adalah sifatnya yang anti atau kedap air. Sifat tersebut meminimalkan resiko terjadinya rembesan air pada dinding. Bahkan, jika batako yang digunakan memiliki kualitas yang baik, rembesan pada dinding bisa dihilangkan. Tentu saja dengan teknik pemasangan yang benar dan bagus pula.

Selain itu, jika dibandingkan dengan bata merah / batu bata, proses pemasangan batako lebih hemat waktu, karena ukurannya yang lebih besar. Begitu pula dengan meterial perekat dan plester yang digunakan, penggunaannya pada dinding dengan bahan dasar batako relatif lebih hemat. Dilihat dari cara memproduksinya, batako terdiri atas 2 macam, yaitu batako yang dibuat secara manual dan batako yang dibuat dengan mesin. Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan yang berarti antara keduanya. Bahkan, jika dilihat dari bentuk dan ukuran, keduanya terlihat sama.

Perbedaan akan terlihat jika kita mengamati kedua permukaan batako secara detail. Batako yang dibuat dengan mesin memiliki permukaan yang lebih halus, karena memiliki kepadatan yang lebih baik jika dibandingkan batako yang dibuat secara manual.

Komposisi dan Perbandingan Bahan Pembuatan Batako

Menurut standar baku yang telah ditentukan oleh Departemen Pekerjaan Umum pada tahun 1986, komposisi campuran batako yang paling baik adalah 75 persen pasir, 20 persen semen dan 5 persen air. Tetapi, jika batako dibuat dengan bahan campuran lain, misalnya dari batu kerikil, maka perbandingan komposisi pasir : semen : kerikil adalah 2 : 1 : 3.

Saat ini, telah muncul jenis-jenis batako dengan campuran bahan yang semakin variatif. Seperti abu sekam, batu bara, batu kapur dan lain-lain. Penekanan biaya produksi dan pemanfaatan barang-barang yang tidak terpakai biasanya menjadi alasan di balik munculnya penggunaan bahan-bahan tersebut.

cara memilih batako yang bagus dan berkualitas

Tips Memilih Batako yang Baik

Untuk mendapatkan kualitas batako yang baik, kita perlu mengetahui cara memilih batako yang memiliki kualitas baik. Jika kita memiliki lebih banyak biaya, akan lebih baik jika kita memilih batako hasil cetakan mesin. Karena secara umum, batako jenis ini memang lebih baik jika dibandingkan dengan batako yang dicetak secara manual. Tetapi, harga batako hasil cetak mesin juga lebih mahal.

Jika anda membeli batako, cobalah bertanya kepada penjual mengenai komposisi batako yang disediakan. Apakah sudah sesuai, atau setidaknya mendekati komposisi dan perbandingan ideal, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tidak hanya perbandingan komposisi saja yang berpengaruh terhadap kualitas batako. Kualitas bahan dasarnya sendiri tentu juga sangat berpengaruh. Pasir yang paling baik untuk pembuatan batako adalah jenis pasir kali / sungai. Memang, akan lebih baik jika anda dapat mengetahui secara akurat perbandingan dan kualitas bahan pembuatan batako. Anda bisa mencoba membeli batako langsung dari tempat yang memproduksinya.

Ciri lain batako dengan kualitas yang baik adalah batako terasa lebih berat jika dijinjing dengan tangan. hal itu menunjukkan bahwa adonan batako melekat dengan erat dan memiliki kepadatan yang baik, sehingga tidak timbul rongga atau lubang di dalamnya. Perhatikan pula bagian permukaan dengan baik. Pilihlah batako dengan tampilan pori-pori yang lebih padat dan tertutup rapat, serta tampak rata dan halus.

Batako yang baik juga dicirikan dengan bagian sudut yang dapat membentuk siku-siku. Pilih batako dengan bentuk siku yang presisi, tampak lancip, terasa tajam dipegang dan tidak mudah “dicuil”.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatika ketika anda memilih batako. Tips memilih batako yang baik dan berkualitas tersebut perlu anda terapkan agar anda tidak kecewa di kemudian hari karena bangunan tembok anda tidak memiliki kualitas seperti yang anda harapkan.

Foto dan Gambar Cara Memilih Batako yang Bagus

formula batako, cara memilih batako, batako untuk rumah, cetakan batako yogya, batako vs bata merah, batako ringan,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *