Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Ingin Ruangan Sempit Terlihat Luas ? Ini Caranya!

October 22, 2015Posted by hartonoTips (DIY)

Ruang di rumah Anda memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar dan terasa sempit ?

Membangun rumah yang besar dan luas memang membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, saat ini banyak yang memilih membuat rumah dengan konsep minimalis, dan tidak terlalu luas. Untuk membuat ruangan terasa lebih luas, dari segi bangunan, biasanya dibuat lebih tinggi. Sehingga ruangan di dalam rumah terasa lebih lega, walaupun memiliki luasan ( panjang dan lebar ) ruang yang tidak terlalu besar.

Selain membuat ruangan yang lebih tinggi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat ruang yang sempit menjadi terasa lebih luas dan lebih lega.

Kali ini, rumahDIY akan berbagi beberapa tips untuk membuat ruangan sempit di rumah Anda terasa lebar.

Pilih Gorden yang Tepat

Pilihlah gorden yang tepat sesuai dengan ukuran jendela. Jangan memilih gorden yang terlalu panjang, apa lagi sampai menyapu lantai. Selai itu, ginakan gorden dengan penggantung yang tidak terlalu jauh dari tembok, sehingga akan membuat ruangan terasa sempit.

Pilihlah warna gorden yang cerah, dan sesuaikan dengan warna cat tembok ruangan.

Jika Anda menyukainya, gunakanlah gorden dengan pola garis-garis vertikal. Garis vertikal pada gorden akan memberi efek jendela rumah Anda terlihat lebih panjang / tinggi.

Tambahkan Cermin di Dalam Ruangan

Cermin bisa memberikan efek ruangan yang lebih terang. Selain itu cermin juga bisa memberikan variasi pada dinding sehingga tidak tampak monoton. Pilihlah cermin dengan frame dekoratif untuk membuat dinding rumah terlihat lebih luas dan cantik. Usahakan untuk menggunakan frame yang tidak terlalu lebar / tebal.

Atau Anda bisa memilih memasang cermin di dinding tanpa menggunakan frame.

Pilihan menggunakan cermin cocok diterapkan di ruang pribadi atau ruang tidur. Selain memberikan efek ruang yang luas, tentu bisa dimanfaatkan saat berhias.

Manfaatkan Perkakas / Furnitur Multifungsi

Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan space di dalam ruangan, agar ruangan tidak semakin sempit, adalah dengan memanfaatkan furnitur multifungsi. Sehingga, jumlah barang yang ada di dalam ruang tidak terlalu banyak. Menghemat space ruangan.

Berikut ini contoh furnitur multifungsi.

furnitur multifungsi meja kursi sekaligu rak buku

Bangku minimalis yang bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai rak buku.

Gunakan Cat dengan Warna Cerah untuk Ruangan

Pilihan cat dengan warna cerah di dalam ruangan akan membuat ruangan terkesan lebih luas. Penggunaan warna cerah ini tidak hanya pada dinding ruang, tetapi juga pada hampir semua elemen yang ada di dalam ruang. Seperti lantai, langit-langit ruang, termasuk warna cat untuk furnitur yang ada di dalam ruang.

Pilihan paling mudah ? Ya, warna putih.

Ruang dengan warna serba putih jelas akan terlihat lebih luas. Tetapi, bagaimana jika warna serba putih justru membuat ruangan terlalu monoton dan membosankan ?

Berikan aksen warna yang lain. Yang terpenting, warna dominan di dalam ruangan tetap putih. Misalkan ruangan di dalam rumah Anda memiliki 4 sisi. Anda bisa memberikan warna lain selain putih pada salah satu sisi dindingnya. Misal, dengan membuat pola garis hitam putih arah vertikal. Atau memberikan warna lain selain putih untuk satu dinding tersebut. Usahakan untuk memilih warna yang cerah. Penggunaan warna lain pada salah satu sisi dinding tersebut, jika digunakan pada sisi dinding yang tepat justru bisa membuat ruang tampak lebih luas lagi.

Atau Anda bisa memilih warna cerah lainnya sesuai selera Anda. Warna-warna pastel, kombinasi biru dan hijau terang, dan sebagainya.

Gunakan Wallpaper atau Gambar Berpola Secara Tepat

Jika Anda senang menambahkan gambar berpola ataupun menempelkan wallpaper di dinding, cobalah untuk memilih gambar / wallpaper dengan pola ornamen kecil.

Menempelkan wallpaper atau menggambar pola dengan cat di langit-langit ruangan juga akan membantu membuat ruangan tampak lebih tinggi dan lega.

Memanfaatkan Ruang Vertikal Secara Maksimal

Cobalah untuk menggunakan rak tempel guna menyimpan buku atau benda-benda lain. Tempelkan rak tersebut di dinding pada bagian atas, sehingga masih ada sisa ruang di bawah rak yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain agar ruang tidak menjadi terlalu sempit.

rak buku tempel memanfaatkan ruang vertikal

Gunakan Pola Strip / Bergaris pada Lantai

Sama seperti prinsip dalam dunia fashion, untuk membuat tubuh seseorang tampak lebih tinggi dan langsing, disarankan untuk menggunakan baju dengan pola bergaris vertikal.

Menggunakan karpet dengan pola bergaris pada ruangan pun akan membuat ruang tampak lebih panjang dan lebih lega.

karpet lantai dengan pola bergaris

Pilih Sofa dengan Desain Berkaki

Untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang sempit, pilihlah kursi sofa dengan desain kaki yang terekspos. Adanya kolong atau ruang di bawah kursi akan memberikan efek ruang tampak lebih luas.

sofa berkaki untuk ruang sempit

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan sempit di dalam rumah menjadi tampak lebih luas dan lebih lega.

Foto dan Gambar Ingin Ruangan Sempit Terlihat Luas ? Ini Caranya!

wallpaper, cermin, sofa, ruangan sempit, gorden,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *