Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Mempercantik Rumah dengan Pagar Kayu

December 11, 2015Posted by hartonoDesain Rumah Tips (DIY)

Pemasangan pagar di rumah, jika dilakukan dengan tepat bisa mendukung keindahan rumah. Rumah Anda akan terlihat lebih menawan, elegan dan indah jika Anda mampu memilih desain pagar yang tepat, disesuaikan dengan kondisi rumah Anda.

Salah satu material pembuatan pagar yang cukup populer adalah kayu. Akhir-akhir ini, penggunaan kayu sebagai bahan pembuatan pagar rumah menjadi tren di kalangan pemilik rumah minimalis.

Pagar kayu dinilai memiliki nilai artistik dan terlihat lebih elegan, jika dibandingkan dengan pagar beton atau pagar besi. Meskipun dikatakan sebagai pagar kayu, kebanyakan pemilik rumah dengan pagar kayu tidak murni menggunakan kayu saja sebagai bahan pembuatan pagar. Penggunaan besi maupun kombinasi dengan beton dan batu bata juga biasa dilakukan untuk menambah nilai seni, kekuatan serta mempermudah penyesuaian dengan desain rumah.

Kali ini, rumahDIY akan berbagi beberapa desain pagar kayu, yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi desain pagar kayu di rumah Anda.

Ide dan Inspirasi Desain Pagar Kayu

Pagar berbahan kayu memang lebih cenderung indah dipandang. Kesan ramah serta elegan lebih bisa terlihat jika rumah dipagari dengan bahan utama kayu.

berbagai desain pagar kayu minimalis

desain pagar kayu unik dengan atap

desain pagar kayu rapat

desain pagar kayu rumah minimalis

desain pagar kayu untuk privasi

desain pagar kayu minimalis unik

tips merawat pagar kayu minimalis

desain pagar kayu dengan kombinasi batu

rumah minimalis dengan pagar kayu

pagar kayu unik dan elegan

pagar kayu desain unik elegan

pagar kayu kualitas bagus

pagar kayu minimalis ide desain

pagar kayu kombinasi besi

Desain Pagar Kayu Rumah Minimalis 2015

Pagar Kokoh dengan Kayu Merbau

Jenis Kayu Terbaik untuk Pagar

Lalu, jenis kayu apa yang paling bagus untuk pagar ?

Kayu Ulin

Kebanyakan orang merekomendasikan kayu Ulin, jika kita ingin membuat pagar kayu.

Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri) atau biasa disebut kayu besi adalah salah satu kayu yang terkenal dan terkuat di habitatnya hutan Kalimantan. Ada beberapa nama daerah untuk Ulin, antara lain bulian, bulian rambai, onglen (Sumatera Selatan), belian, tabulin, telian, tulian dan ulin (Kalimantan)

Kayu ulin dipilih karena reputasinya.

  • Ulin merupakan jenis kayu yang kuat dan “tak manja”, memiliki tekstur kayu yang kuat dan keras (dengan kelas kuat I dan kelas awet I, berat jenis 1,04).
  • Kayu ulin tahan terhadap cuaca dan tak memerlukan perawatan ekstra.
  • Tahan lama (tidak mudah membusuk, tahan air, maupun tahan terhadap hama rayap atau serangga lainnya). Sehingga mampu bertahan hingga ratusan tahun. Hal ini tentu saja dapat menghemat biaya.
  • Sebaliknya, makin kena air, kayu ulin akan semakin kuat.

Karena ketahanannya tersebut maka wajar jika dikatakan kayu ulin sebagai kayu kayu sepanjang masa dan kayu primadona. Sifat unik lain dari kayu ini adalah sangat sukar dipaku dan digergaji tetapi mudah dibelah.

Kayu ulin cukup terkenal karena masyarakat Kalimantan sudah sejak lama menggunakannya sebagai konstruksi utama bangunan rumah mereka, yaitu rumah panggung. Dan tentu kita tahu, secara geografis, kebanyakan rumah panggung di Kalimantan berdiri di atas daerah yang bersentuhan dengan air.

Kayu Merbau

Selain kayu ulin, ada juga kayu Merbau sebagai alternati kayu pembuat pagar. Kayu Merbau termasuk salah satu jenis kayu yang cukup keras dan stabil sebagai alternatif. Kayu ini termasuk kayu dengan Kelas Awet I, II dan Kelas Kuat I, II. Kayu Merbau terbukti tahan terhadap serangga. Memiliki warna coklat kemerahan dan kadang disertai adanya highlight kuning.

Kayu merbau biasanya difinishing dengan melamin warna gelap / tua. Merbau memiliki tekstur serat garis terputus putus. Pohon merbau termasuk pohon hutan hujan tropis. Pohon Merbau tumbuh subur di Indonesia, terutama di pulau Irian / Papua.

Tips agar Pagar Kayu Awet dan Tahan Lama

Salah satu kelemahan penggunaan pagar kayu adalah tingkat keawetannya. Pagar kayu relatif lebih mudah rusak (karena cuaca, air atau faktor lain) jika dibandingkan dengan pagar beton ataupun pagar besi. Apalagi jika kita membuat pagar kayu dengan bahan kayu seadanya, atau bukan menggunakan kayu dengan kualitas mumpuni seperti kayu ulin/ kayu besi.

Karena memang, harga kayu berkualitas (seperti kayu Ulin) sangatlah mahal. Jika dibandingkan dengan biaya untuk membuat pagar dengan beton atau besi, bisa jadi lebih mahal berkali-kali lipat.

Tetapi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat pagar kayu awet.

Gunakan Cat Eksterior

Gunakan cat untuk melapisi pagar kayu Anda. Pagar kayu dengan cat cenderung lebih awet dibandingkan tanpa cat. Pilihlah cat khusus eksterior yang tahan terhadap cuaca dan fleksibel terhadap cuaca.

Jika Anda menginginkan nilai seni dari tekstur kayu tetap tampak dan memperlihatkan kesan alami, gunakanlah cat dengan warna transparan. Cat jenis ini tidak akan menutupi warna dan tekstur kayu secara rapat, sehingga serat kayu masih akan terlihat.

Disamping tahan terhadap cuaca, pilihlah cat yang mampu memberikan proteksi terhadap sinar UV, seperti cat politur khusus eksterior. Cat melamik kurang tepat digunakan sebagai pelapis pagar kayu karena tidak mempunyai proteksi sinar UV yang dihasilkan dari pigmen warna.

Penggunaan cat transparan pada pagar bertujuan untuk melindungi kayu dari sinar UV yang mengenai permukaannya. Hasilnya, kayu tidak akan cepat lapuk dan mengalami perubahan warna. Kayu yang warnanya coklat bila lama kelamaan terkena sinar bisa berubah menjadi keabu-abuan.

Pengecatan pagar sebaiknya diulang setiap tahun, atau dalam periode tertentu tergantung situasi.

Beri Jarak antara Tanah dengan Pagar Kayu

Jika diperhatikan, bagian pagar kayu yang paling cepat rusak adalah bagian bawahnya, yang paling dekat dengan tanah. Dengan asumsi kita tidak menggunakan bahan kayu ulin/besi, atau bahan kayu lain yang memiliki sifat bersahabat dengan air.

Untuk itu, dalam membuat pagar kayu, Anda perlu memperhatikan jarak antara permukaan tanah dengan bagian bawah dari pagar kayu agar pagar lebih awet.

pagar kayu kombinasi dengan beton dan bata

Buat pagar kayu dengan posisi menggantung pada tiang-tiang penyangga. Atau Anda bisa mengkonbinasikan penggunaan kayu sebagai pagar dengan beton yang diaplikasikan di bagian bawah dari pagar.

Itulan beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda menginginkan pagar kayu hadir di rumah Anda. Semoga bermanfaat!

Foto dan Gambar Mempercantik Rumah dengan Pagar Kayu

pagar, kayu ulin, eksterior, pagar kayu, kayu, kayu merbau,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *