Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Mengecat Tembok Rumah Sendiri, Pakai Kuas atau Roll ?

March 18, 2015Posted by hartonoTips (DIY)

Beberapa orang memilih melakukan proses pengecatan tembok rumah sendiri, tanpa menggunakan jasa tukang cat. Entah melakukan pengecatan pertama kali pada tembok yang belum pernah dicat, atau memperbaharui cat lama yang sudah usang.

Dalam proses pengecatan tembok, umumnya digunakan alat pengecatan berupa kuas atau roll. Bagi anda yang belum terbiasa melakukan pengecatan, tetapi ingin melakukannya, mungkin akan sedikit bingung dalam memilih antara menggunakan kuas atau roll. Dalam kesempatan ini, rumahDIY akan membahas sedikit mengenai kuas dan roll yang digunakan sebagai alat dalam proses pengecatan tembok rumah.

kuas cat tembok rumahKuas roll untuk mengecat bidang luasan

Perbandingan penguunaan kuas dan roll dalam proses pengecatan

Dari segi waktu.
Mengecat tembok menggunakan kuas akan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan menggunakan roll. Apalagi, jika ukuran roll yang digunakan cukup lebar. Maka dalam waktu yang sama bisa dipastikan penggunaan roll terasa jauh lebih cepat.

Dari segi penggunaan.
Penggunaan kuas akan lebih hemat (lebih sedikit penggunaan cat-nya) jika dibandingkan dengan menggunakan roll. Rata-rata, roll akan menghabiskan cat 40% lebih banyak dari penggunaan kuas. Apalagi jika kita menggunakan roll dengan kualitas rendah. Daya serap cat-nya terlalu tinngi, dan permukaannya tidak rata. Hal itu akan semakin meningkatkan pemborosan dalam penggunaan cat.

Hal lain yang mempengaruhi banyak sedikitnya cat yang dihabiskan selama proses pengecatan, adalah banyaknya cipratan cat. Jika dibandingkan dengan kuas, penggunaan roll akan menghasilkan lebih banyak cipratan.

Dari segi jangkauan.
Kuas jauh lebih mudah digunakan untuk mengecat sudut-sudut ruang atau lekukan-lekukan pada dinding. Menggunakan roll untuk mengecat bagian sudut ruangan sangat sulit dilakukan, bahkan hampir tidak mungkin bisa dilakukan meskipun kita menggunakan roll dengan ukuran paling kecil sekalipun.

Dari segi hasil akhir.
Pada dasarnya, jika proses pengecatan dilakukan beberapa lapis, penggunaan kuas dan roll akan memberikan hasil akhir yang sama baiknya. Yang membedakan adalah jejak-nya, jika dilihat dari dekat secara seksama. Penggunaan kuas akah menghasilkan jejak goresan. Sedangkan penggunaan roll akan menghasilkan jejak seperti kulit jeruk, jika diamati dari dekat.

Lalu, pilih mana ? Jika kita ingin mengecat tembok rumah sendiri ? Pilih dua-duanya. Gunakan keduanya, baik itu kuas maupun roll, karena keduanya saling melengkapi untuk efektivitas dan efisiensi proses pengecatan.

Sebelum memulai pengecatan, usahakan untuk selalu mencuci roll dan kuas agar terbebas dari debu dan kotoran lainnya. Gunakan roll untuk mengecat bagian luasan. Dan gunakan kuas biasa untuk mengecat sudut-sudut ruang atau bagian sempit lainnya yang tidak mungkin dijangkau oleh roll. Dan pastikan, arah goresan kuas sama dengan arah gerakan roll agar hasil pengecatan tetap halus.

Foto dan Gambar Mengecat Tembok Rumah Sendiri, Pakai Kuas atau Roll ?

roll, kuas, dinding rumah, cat,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *