Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Retak Rambut Pada Dinding Tembok dan Cara Mengatasinya

August 9, 2015Posted by hartonoTips (DIY)

Salah satu bentuk kerusakan yang sering terjadi di rumah dengan dinding tembok adalah munculnya retakan rambut, yaitu retakan dengan ukuran yang kecil, kurang dari 1 mm. Walaupun kecil, biasanya retakan rambut pada bangunan ini akan memanjang dan berpotensi menjadi retakan yang lebih besar. Terkadang bentuk retakan juga bercabang-cabang. Tentu saja hal itu akan mengurangi keindahan rumah, apalagi jika retakan-retakan tersebut terdapat di ruangan yang cukup sering dilihat, di ruang tamu misalnya. Lalu, apa yang perlu kita lakukan jika retakan rambut muncul di dinding rumah kita ? Apakah kita perlu segera memanggil tukang bangunan untuk memperbaikinya ?

Cara Mudah Mengatasi Retakan Rambut pada Tembok

Sebetulnya, Anda bisa melakukannya sendiri, terutama jika itu merupakan bentuk retakan non-struktural. Dan umumnya, retakan rambut merupakan retakan non-struktural, akan tetapi Anda harus memastikannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya memastikannya ? Caranya adalah dengan membobok bagian yang retak. Gunakan betel untuk mngelupaskan lapisan acian di bagian yang retak. Jika retakan hanya sampai pada lapisan plester, bisa dipastikan bahwa retakan tersebut adalah retakan non-struktural. Itu artinya Adna bisa memperbaikinya sendiri, tanpa bantuan ahli atau tukang bangunan.

Penyebab Retakan Rambut Pada Tembok

Ada beberapa hal yang menimbulkan munculnya retakan rambut non-struktural pada tembok rumah kita. Beberapa hal itu diantaranya :

  • Pada saat proses pengerjaan tembok, komposisi (campuran) adukan tidak pada takaran yang sempurna, antara komposisi pasir, semen dan air.
  • Pasir yang digunakan dalam pembuatan plesteran memiliki kadar organik tinggi / bercampur dengan lumpur.
  • Pasangan batu bata belum kering atau terlalu kering saat dilapisi plesteran.
  • Proses pengerjaan plesteran dilakukan di cuaca yang terlalu terik / panas.
  • Cat yang digunakan tidak memiliki elastisitas yang baik. Cat dengan elastisitas yang baik mampu membantu menutup timbulnya retakan rambut.

Tips dan Cara Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding Tembok

Cara Mengatasi Retakan Rambut Pada Dinding

Langkah-langkah memperbaiki retakan pada dinding tembok :

  1. Buka lapisan yang retak dengan jarak sekitar 5 cm di kanan-kiri dari retakan (dibobok).
  2. Siram permukaan dinding dengan air. Gunakan semprotan agar dinding lebih dapat menyerap air. Diamkan beberapa saat.
  3. Mulailah menambal permukaan dinding dengan mortar acian. Pastikan ketebalan tambalan sesuai ketebalan permukaan kiri dan kana yang tidak retak agar hasil akhir dinding tambalan tetap rata.
  4. Diamkan dinding selama 2 minggu, sebelum akhirnya dicat kembali sesuai warna dinding di sekitarnya.

Video Cara Mencegah Timbulnya Retakan Pada Dinding Tembok

Berikut ini, ada sebuah video menarik mengenai cara mencegah timbulnya retakan rambut pada dinding tembok. Proses pencegahan ini dilakukan di level pengerjaan. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat pengerjaan dinding tembok, sehingga nantinya dapat meminimalisir timbulnya retakan di masa yang akan datang.

Itulah tadi, beberapa hal mengenai retakan rambut pada dinding tembok, cara mencegah serta memperbaikinya jika terjadi di rumah Anda. Semoga bermanfaat!

Foto dan Gambar Retak Rambut Pada Dinding Tembok dan Cara Mengatasinya

keterampilan bangunan, retakan rambut, dinding tembok, retakan non-struktural,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *