Berlangganan

Dapatkan artikel menraik setiap hari dari rumahDIY. Dan jangan lewatkan informasi dagangan rumah dan tanah di area Yogyakarta dari rumahDIY.
Nama
Email

Tips Desain Rumah Bambu Unik Yang Aman Dan Nyaman

April 27, 2016Posted by NinaTips (DIY)

Tips Desain Rumah Bambu UnikRumah bambu terkadang memang dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat kita. Karena desain rumah yang terbuat dari bambu ini sering dinilai sebagai bentuk rumah yang kurang layak jika digunakan untuk tempat tinggal. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa desain rumah bambu sebenarnya memiliki desain bangunan dengan nilai seni yang tinggi sebagaimana kita melihat begitu banyaknya rumah yang terbuat dari bambu yang terdapat di kawasan wisata. Rumah tersebut sangatlah diminati oleh para wisatawan untuk beristirahat sekedar melepaskan lelah di tempat wisata. Dengan nilai seni tinggi yang dimilikinya membuat rumah dengan desain bambu ini sangat mendukung suasana tempat wisata yang identic dengan sarana untuk refreshing. Selain itu perlu kita ketahui sebelumya bahwa desain rumah yang terbuat dari bambu adalah salah satu warisan budaya negeri kita dengan berdasarkan pada rumah-rumah adat yang ada di provinsi di negeri Indonesia.

Bambu adalah material alam yang banyak kita temukan di Indonesia. Ada beragam kreasi yang bisa kita hasilkan dari bambu, misalnya seperti furniture, alat music hingga material rumah yang bisa digunakan dalam arsitetur desain rumah tinggal bambu. Bambu sendiri memiliki serat liat dan keelastisannya dapat menahan beban tekanan, tarikan, geseran maupun tekukan dengan baik. Selain itu, keberadaannya yang begitu melimpah di alam, murah dan masa tumbuhnya yang relative lebih cepat dibandingkan tanaman lain menjadi salah satu dari beberapa kelebihan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan material kayu.

Tips Desain Rumah Bambu Unik Yang Aman Dan Nyaman

Namun ada beberapa kelemahan bambu jika digunakan sebagai material rumah, yaitu sangat rentan terhadap kelembapan serta serangan dari serangga seperti rayap dan kumbang bubuk. Tapi hal tersebut dapat kita atasi dengan proses pengawetan bambu yang tepat. Selain itu aplikasi bambu yang difungsikan sebagai kolom yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah tetapi didirikan di atas pondasi berupa umpak yang didirikan atau yang biasa disebt sebagai konstruksi panggung.

Jika diperhatikan, terdapat beberapa macam alasan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari desain rumah bambu ini sehingga membuat kita meyakini bahwa desain ini merupakan desain rumah terbaik untuk kediaman manusia. Beberapa macam alasan dan keuntungan tersebut antara lain

  1. Pada desain rumah bambu terdapat nilai estetika yang cukup tinggi. Contohnya anda bisa melihatnya dari bangunan-bangunan gazebo yang dibangun secara alami di tempat-tempat, mushola dan juga tempat-tempat persinggahan yang cukup nyaman untuk anda kunjungi. Selain itu bagunan rumah tinggal yang terbuat dari bambu juga dapat dirancang lebih estetis dan natural sehingga memberikan kesan yang menawan.
  2. Desain rumah bambu termasuk sebagai salah satu desain rumah yang tahan gempa, hal tersebut dikeranakan anyaman bambu mampu menahan gelombang getaran yang disebabkan gempa sehingga tidak akan mudah roboh sebagaimana bangunan yang terbuat dari batu. Kalaupun anda kejatuhan dinding yang terbuat dari bambu, akibatnya tentu tidak akan separah jika anda tertimpa dinding rumah yang terbuat dari batu.
  3. Desain rumah bambu dikatakan lebih nyaman, dingin serta tidak memerlukan perawatan yang mahal. Pasalnya, desain rumah bambu ini tidak akan terasa panas pada saat kita berada di dalamnya. Sehingga kita tidak membutuhkan AC di dalam rumah, karena tanpa AC pun kita dapat merasakan udara dingin pada rumah. Dikarenakan udara dingin tersebut  datang dari sela-sela anyaman bambu yang terdapat pada dinding rumah sehingga mampu memberikan kesejukan yang alami. Desain rumah ini sangat bagus karena akan membuat sang penghuni rumah merasakan kenyamanan yang jarang bisa didapatkan ketika beristirahat di rumah selain yang terbuat dari bambu. Bisa dikatakan bahwa desain rumah ini merupakan desai rumah impian bagi mereka yang menyukai konsep rumah sederhana namun tetap nyaman dan asri untuk dihuni.
  4. Jika dibandingkan dengan desain rumah ynag terbuat dari beton, masa ketahanan bambu memang lebih pendek. Namun dengan pembuatan desain rumah bambu dengan pengelolaan serta ketahanan yang benar, mampu bertahan selama 20 tahun. Caranya dengan melakukan perawatan khusus berupa pengawetan bambu. Anda bisa merendam bambau atau bisa juga dengan memolesnya dengan menggunakan bahan pengawet yang dapat menahan bambu dari kerusakan yang diakibatkan lapuk atau dimakan oleh serangga.

Berikut ini ada beberapa tips desain rumah bambu unik yang aman dan nyaman, antara lain

Tips Desain Rumah Bambu Unik Yang Aman Dan Nyaman

  1. Anda harus melakukan pengecekkan terlebih dahulu diameter bambu yang tersedia agar pada saat pembangunan berlangsung tidak akan terjadi kesulitan dalam mencari bahan sehingga menghambat proses pembangunan
  2. Ada baiknya jika bambu yang akan digunakan untuk bangunan sebelumnya dilakukan proses pengawetan supaya mencegah adanya gangguan hewan yang bisa merusak konstruksi bambu. Caranya adalah bisa dengan melalui proses perendaman atau pengawetan menggunakan bahan kimia yang mampu mengawetkan bambu.
  3. Pada saat penyusunan bambu serta pembuatan konstruksi rumah dimulai, disarankan agar tidak menggunakan paku besi. Karena jenis paku ini kaku serta tidak lentur sehingga bisa membuat bahan ini gampang rusak.
  4. Gunakanlah paku pasak,. Karena model paku ini terbuat dari bambu atau kayu yang sebelumnya telah dipotong kecil-kecil sehingga memiliki bentuk yang menyerupai paku. Dan untuk membuat lobangnya bisa dilakukan dengan menggunakan bor.
  5. Desain yang anda buatharuslah disesuaikan dengan kondisi alam atau lingkungan yang ada di sekitar bangunan, hal tersbeut dilakukan agar terciptanya desain yang menyatu dengan alam sekitar sehingga membuat rumah bambu anda akan terasa eksotik.
  6. Anda juga bisa memadupadankan dengan beraneka material lainnya seperti batu alam, atap genteng amaupun atap rumbia.
  7. Anda juga bisa menambahkan taman di bagian halaman rumah yang dilengkapi dengan kolam ikan serta dihiasi dengan taman-taman hijau sehingga akan menambah keasrian rumah.
  8. Gunakanlah warna cat yang tidak akan merusak warna asli dari bambu tersebut. misalnya saja seperti cat transparan atau yang biasa disebut dengan plamir sehingga mampu memunculkan tekstur asli dari bambu tersebut.
  9. Lakukanlah perawatan rumah secara berkala, baik dari segi kebersihan, kerusakan, pengecatan serta juga lakukan perawatan terhadap bambu dari gangguan hewan yang bisa merusak konstruksi rumah.

Di bawah ini, anda bisa melihat video Desain Rumah Bambu Unik

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tips desain rumah bambu unik yang aman dan nyaman. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membuat rumah dengan menggunakan desain bambu. Selamat mencob adan terima kasih.

Foto dan Gambar Tips Desain Rumah Bambu Unik Yang Aman Dan Nyaman

Desain Rumah Bambu, Desain Rumah Bambu Unik,

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *